Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Apa Sih Manfaat Fluoride pada Pasta Gigi?

  • Jumat, 30 Juni 2017 08:41 WIB

“Pasta gigi berfluoride” tentu istilah ini gak asing lagi di telinga kita kalau nonton atau baca iklan pasta gigi. Terus yang jadi pertanyaannya : “Apa sih istimewanya pasta gigi berfluoride? Terus kalau berfuoride, emangnya kenapa? Apa ada gunanya untuk gigi?”

Fluor atau yang dalam rumus kimia sering disingkat dengan F, adalah sebuah mineral yang memengaruhi pertumbuhan gigi. Tidak hanya itu, fluor juga mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan gigi.

Yuk, simak apa saja guna fluoride untuk kesehatan gigi:                                            

  1. Mencegah terjadinya gigi berlubang

Proses terjadinya gigi berlubang disebabkan karena lingkungan asam hasil fermentasi gula dari makanan yang akan menyebabkan bakteri tumbuh pada gigi dan melarutkan struktur gigi. Fluoride nantinya akan diikat oleh struktur gigi dan dapat sebagai benteng pertahan gigi terhadap asam sampai pada pH 4,5.

  1. Memperlambat proses terjadinya lubang

Kalau giginya udah sempat berlubang gimana dong? Nah, dengan menggunakan fluoride, proses remineralisasi (mineralisasi ulang)  gigi akan terjadi. Hal ini akan memperlambat proses semakin besarnya lubang pada gigi. Kamu tahu, gigi berlubang gak bisa disembuhkan. Prosesnya akan terus berjalan jika tidak dilakukan perawatan.

Selain dari pasta gigi, darimana fluoride didapat?

Fluoride dapat didapat dengan cara kumur-kumur larutan berfluoride, aplikasi fluoride dari dokter gigi, dan suplemen floride.

Bahaya gak kalau berlebihan?

Bagaimanapun sesuatu yang digunakan berlebihan akan menimbulkan efek. Efek jika berlebihan fluoride adalah fluorosis. Fluorosis akan menyebabkan perubahan warna gigi dari putih seperti kapur bahkan sampai ke kecoklatan. Tapi kamu gak perlu kuatir, tubuh kita punya ambang batas fluoride yang gak terlalu rendah kok. Kadar kebutuhan fluoride pada seseorang tergantung pada usianya.  Biasanya pada dewasa muda kurang lebih sampai 2 gram perharinya. Jadi, jangan ragu untuk aplikasi fluoride ke dokter gigi.

Yuk gunakan pasta gigi berfluoride! Senyum indah, senyum gigi sehat!


Penulis : Eva Riris Kalit

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×