Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Agar Skripsimu Cepat Kelar

  • Selasa, 27 Juni 2017 04:52 WIB

Skripsi adalah tugas akhir yang harus dikerjakan para mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Pengerjaan skripsi sebenarnya tidak terlalu sulit, namun memerlukan niat yang kuat dari mahasiswanya. Hal ini yang sering membuat para mahasiswa lama tamat karena tersedat di pengerjaan skripsi yang gak kelar-kelar.

Semakin lama skripsi kelar ya semakin lama pula memperoleh gelar sarjana dan semakin dekat pula dengan pintu drop out. Tidak sedikit mahasiswa semester atas yang menjadikan skripsi menjadi musuh utamanya. Hal ini karena dalam pengerjaan skripsi, mahasiswa juga perlu bersabar menunggu bimbingan dari dosen pembimbing yang kadang kala juga sibuk.

 

WHAT TO DO?!

Ingat uang kuliah

Selama pengerjaan skripsi, uang kuliah kamu gak gratis loh. Uang kuliah tetap jalan terus. Coba bayangkan jika dalam satu semester penuh kamu buat skripsi kamu nganggur, tapi kamu harus bayar uang kuliah juga di satu semester penuh itu. Sama aja kamu buang duit ke selokan. Udah merasa kaya makanya buang-buang duit kayak gitu? Ingat loh itu masih uang orangtua kamu.

 

Ingat orangtua

Tau gak, prestasi seorang anak adalah kebanggaan bagi orangtuanya. Coba aja bayangkan betapa cantik dan gantengnya keduaorangtuamu tersenyum saat kamu wisuda. Kalau kamu anggurin skripsimu yang ada orangtua bukannya senyum malah malu, banyak pikiran, dan stres. Mau kayak gitu?

 

Ingat umur

Waktu itu terus berjalan loh, umur kamu juga terus bertambah. Coba hitung-hitung berapa waktu dan usia yang telah kamu sia-siakan. Nanti dampaknya tau gak kemana? Kamu jadi sulit melamar kerja. Terkadang lowongan kerja buat batasan umur maksimum. Buat apa coba kamu sarjana tapi gak bisa lamar kerja.

 

Kerjaan setiap hari

Jangan pernah biarkan skripsimu tidur satu haripun. Entah itu hanya satu paragraf sekalipun alam satu hari, itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Karena sekali skripsi kamu nina boboin, pasti bakal tidur nyenyak

 

Kejar dosen pantang menyerah

Memang yang ini yang paling sering buat galau para mahasiswa. Kamu juga harus ingat, kerjaan dosen gak cuman bimbing skripsi kamu doang. Mereka sibuk. Kamu harus mengerti hal itu. Jadi kamu harus bersabar dan pantang menyerah untuk menunggu dosen pebimbing.


Penulis : Eva Riris Kalit

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×