Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Penyakit Ini Dapat Menyebabkan Tubuh Menyerang Sel Tubuh Sendiri

  • Jumat, 30 Juni 2017 08:37 WIB

Tubuh manusia pada keadaan normal mempunyai reaksi pertahanan berupa sel-sel yang akan melindungi tubuh dari benda asing. Lalu bagaimana jika sel-sel itu malah menyerang sel tubuh manusia itu sendiri? Hal inilah yang terjadi pada pengidap penyakit lupus eritematus.

            Penyakit yang menyerang Selena Gomez dan Lady Gaga ini tidak bisa dianggap sepele. Lupus eritematus adalah penyakit yang akan membuat antobodi sendiri yang awalnya berfungsi menyerang zat asing yang masuk ke dalam tubuh menjadi menyerang sel tubuh sendiri. Bahkan, sel yang diserang adalah sel sehat. Antibodi tersebut disebut dengan autoantibodi. Autoantibodi akan menyerang sel darah, hati, ginjal, jantung, sistem saraf, dan lain-lain.

            Penyebab terjadinya lupus eritematus sampai sekarang tidak diketahui secara pasti. Namun, para ahli menyatakan ada beberapa faktor risiko yang memengaruhinya. Kadar esterogen diyakini memiliki peran pada penyakit ini. Hal ini menyebabkan lupus eritematus lebih sering terjadi pada wanita. Selain itu faktor risiko seperti genetik, konsumsi obat-obatan, paparan sinar matahari juga diduga dapat menimbulkan reaksi tubuh yang menyebabkan lupus eritematus.


Penulis : Eva Riris Kalit

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×