Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Tanya Jawab Seputar HIV/AIDS yang Wajib Kamu Tahu

  • Selasa, 27 Juni 2017 03:34 WIB

Kamu pasti setuju kalau kata HIV/AIDS gak asing lagi di telinga kita-kita. Tapi kamu sendiri udah tau gak sih apa itu HIV/AIDS?

 

Apa sih beda HIV dan AIDS?

Ternyata HIV dan AIDS itu tidaklah sama. HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah adalah virus yang dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Dengan kata lain seseorang yang terkena infeksi HIV kelak akan berlanjut menjadi AIDS. Diagnosa AIDS ditegakkan jika penderita HIV telah sampai ke tahap kerusakan sistem imun tubuh. Bayangkan aja, kita itu bisa hidup karena adanya sistem imun. Jadi segala bakteri yang berkeliaran bebas di udara sekitar bisa ditangani baik oleh tubuh. Nah, penderita AIDS sistem imun tubuhnya sudah rusak, jadi lebih rentan terhadap bakteri, kuman, infeksi, dan sebagainya. Maka dari itu, para penderita AIDS banyak yang meninggal disebabkan karena tidak adanya kemampuan tubuhnya untuk membuat imun.

 

Bisa gak diobati?

Sampai sekarang belum ada pengobatan yang dilaporkan dapat menyebuhkan penyakit ini. Namun, alternatif lain yang dapat digunakan adalah dengan pengobatan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

 

Gimana dong jika aku ketemu dengan penderita HIV/AIDS?

Jika kamu suatu waktu nanti ketemu dengan penderita HIV/AIDS di panti, rumahsakit, dan sebagainya, alangkah lebih baiknya jika kamu berteman dengan mereka dan bersikap biasa saja namun tetap hati-hati. Bayangkan saja gimana perasaan mereka jika kamu tidak mau berbicara dengan mereka karena latar belakang penyakit mereka. Mereka pasti sangat tersinggung. Setuju gak? Nah, jadi lebih baik bersikaplah biasa saja namun kamu juga harus tetap pasang alarm jika mereka mempunyai luka terbuka. Karena HIV/AIDS dapat menular melalui kontak darah.

 

Sebenarnya HIV/AIDS itu menular lewat apa aja?

Ya, HIV/AIDS itu penyakit menular. Virus ini dapat menular melalui darah, air mani, dan cairan vagina. Maka dari itu kamu harus hati-hati jika bertemu dengan penderita yang mempunyai luka terbuka. Karena luka terbuka masih mengeluarkan darah yang dapat menularkan virus HIV/AIDS.

 

Lewat keringat, menular gak?

Belum ada penelitian yang mengatakan jika keringat dapat menularkan virus HIV/AIDS. Jadi kamu gak perlu takut untuk berteman dengan penderita HIV/AIDS.

 

WHAT TO DO?!

Kamu pasti gak mau dong ketular penyakit ini? Nah, karena itu kamu harus menjauhi hal-hal berikut ini:

-Seks bebas

-Narkoba

-Jarum suntik tidak steril


Penulis : Eva Riris Kalit

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×