Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Yuk, Cari Tahu 4 Penyebab Utama Gigi Berlubang!

  • Jumat, 30 Juni 2017 08:34 WIB

Gigi berlubang merupakan penyakit rongga mulut yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Gigi berlubang dalam kedokteran sering disebut dengan karies. Kamu tahu, gigi berlubang menduduki ranking pertama sebagai penyakit rongga mulut yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia. Rata-rata pasien yang berkunjung ke dokter gigi juga memiliki keluhan gigi berlubang.

 

Lalu, apa penyebab gigi berlubang?

Terjadinya gigi berlubang disebabkan oleh 4 faktor yang bersatu dalam satu rantai. Dalam arti, jika satu faktor tidak ada, proses gigi berlubang tidak terjadi. Yuk, simak keempat faktornya!

  1. Gigi

Kenapa gigi bisa menjadi penyebab gigi berlubang? Karena gigi mempunyai struktur seperti parit pada permukaannya yang sebenarnya untuk membantu proses pengunyahan. Namun di sisi lain, sisa-sisa makanan dapat menempel pada struktur parit tersebut. Selain itu, pada bagian terluar gigi yang disebut email, terdapat kandungan mineral. Mineral tersebut didapat dari makanan serta pasta gigi berflouride. Mineral inilah yang dapat mencegah gigi berlubang.

  1. Bakteri

Sebenarnya, di dalam rongga mulut terdapat bakteri-bakteri untuk menjaga keseimbangan. Tetapi jika kebersihan mulut tidak terjaga dan plak menumpuk, bakteri akan meningkat jumlahnya. Hal ini akan berdampak negatif karena bakteri menghasilkan asam. Asam akan melarutkan mineral pada gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

  1. Makanan

Semakin tinggi kandungan gula suatu makanan, semakin asam pula keadaan yang ditimbulkannya. Bakteri pada rongga mulut suka dengan lingkungan asam untuk berkembang biak. Hal ini semakin diperparah karena sebelumnya bakteri telah menghasilkan asam. Kadar pH pada gigi akan semakin asam dan semakin mudah untuk berlubang.

  1. Waktu

Ternyata, gigi berlubang tidak terjadi dalam waktu singkat. Proses ternjadinya memang tergantung pada besarnya lubang. Namun menurut para ahli, rata-rata proses gigi berlubang memerlukan waktu 6 bulan. Lalu kenapa banyak orang yang giginya berlubang? Karena terjadinya gigi berlubang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Rasa sakit yang ditimbulkan jika lubang sudah mengenai saraf. Hal ini menyebabkan kurangnya tindakan pencegahan gigi berlubang pada kebanyakan orang.

 

Nah, sudah tahu kan apa saja yang menyebabkan gigi berlubang? Yuk sama-sama mencegahnya! Senyum indah, senyum gigi sehat!


Penulis : Eva Riris Kalit

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×