TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Fashion & Beauty

3 Cara Mengatasi Jerawat Hormon yang Muncul Setiap Kita Sedang Menstruasi

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 21 Maret 2016

Setiap kita lagi menstruasi, jerawat selalu muncul?

Setiap kita lagi menstruasi, jerawat selalu muncul? Ini artinya jerawat kita disebabkan oleh hormon. Tenang, girls, ada 3 cara mengatasi jerawat hormon yang muncul setiap kita sedang menstruasi ini!

 

(Baca juga: 4 Tips Menghindari Jerawat Ketika Menstruasi)

 

Sebelum menstruasi

Whitney Bowe, ahli kulit di Amerika menuturkan pada Seventeen kalau kulit kita juga mengalami PMS seminggu sebelum menstruasi. Jerawat mulai tumbuh karena hormon estrogen kita yang menurun dan hormon progesteron makin meningkat. Ini membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak.

 

Atasi dengan memakai toner yang mengandung salicylic acid. Kalau kita mulai merasakan bakal jerawat di bawah permukaan kulit, coba pakai clay mask. Masker ini bisa menyerap kotoran di wajah dan banyak dijual di pasaran.

 

(Baca juga: Letak Jerawat Ternyata Bisa Mendeteksi Kesehatan Kita, Lho!)

 

Minggu menstruasi

Jerawat yang muncul ketika kita sedang jerawat adalah akibat dari tersumbatnya pori-pori kita dan bantuan daru hormone progesteron.

 

Atasi dengan double cleansing, bersihkan wajah dengan cleansing oil atau susu pembersih dan toner sebelum mencuci muka. Pilih sabun muka yang mengandung benzoyl peroxide yang membantu membunuh kuman dan mengurangi radang. Pakai moisturizer yang tidak mengandung minyak supaya kulit enggak kering.

 

(Baca juga: 5 Rutinitas Perawatan Kulit Yang Bikin Jerawat Makin Susah Hilang)

 

Setelah menstruasi

Setelah menstruasi hormone kita kembali normal. Tapi kadang masih ada sisa jerawat di wajah. Atau jerawat yang membandel.

 

Atasi dengan mengoleskan obaj jerawat yang mengandung cortisol. Tetap teratur membersihkan wajah. Karena pori-pori yang tersumbat sekarang bisa jadi penyebab jerawat kita ketika menstruasi bulan depan.

 

(Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam ala Kendal Jenner)

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id by day, blogger by night. Email me at astri@gramedia-majalah.com :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v