TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Fashion & Beauty

5 Tips Aman Membeli Makeup

  • Ellanda Jiwari
  • Posted on : Jumat, 27 November 2015

5 Tips Aman Membeli Makeup

Semua cewek pasti kepengin tampil lebih cantik. Untuk menunjang penampilan kita itulah, pemakaian make-up menjadi hal yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, ternyata enggak semua kosmetik aman untuk kita gunakan, lho. Berbagai efek samping yang membahayakan kesehatan kulit bisa terjadi pada kita kalau kita enggak tepat dalam memilih kosmetik.

Jadi, teliti sebelum membeli alat make-up itu wajib, girls! Asalkan kita cermat dan berhati-hati dalam memilih produk kosmetik yang akan kita pakai, kita bisa terhindar dari hal-hal yang enggak kita inginkan. Ini dia 5 tips aman dalam membeli kosmetik.

(baca juga: 5 Kandungan Berbahaya Dalam Makeup Yang Harus Kita Hindari)

 

1. Tanggal produksi/kadaluwarsa

Setiap barang pasti mempunyai tanggal produksi dan masa berlakunya. Enggak terkecuali dengan kosmetik. Sebelum membeli, pastikan kosmetik yang hendak kita beli masih dalam masa berlaku atau enggak kadaluwarsa. Hal ini untuk memastikan umur efektif sudatu produk yang dapat mempengaruhi kualitas.

(baca juga: Gantilah Makeup Pada Waktunya)

 

 

2. Memiliki kode legal dari BPOM

Sebelum beredar di masyarakat, barang-barang yang dijual telah melalui proses pengawasan yang ketat oleh negara kita melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dengan adanya kode legal untuk ijin edar, produk tersebut telah dijamin keamananan dan kelayakannya. Karena itu, sebaiknya cek terlebih dulu apakah kosmetik yang kita inginkan telah memiliki kode dari BPOM atau belum. Kita juga bisa membuat pengaduan resmi kalau terjadi sesuatu yang enggak kita inginkan setelah memakai produk yang telah memiliki kode dari BPOM.

(baca juga: Awas Make-Up Palsu)

 

 

3. Nama produsen

Periksa apakah pada alat make-up tersebut tercantum nama, bahkan alamat lengkap, dari produsen yang mengedarkannya. Yang berarti produsen tersebut mau bertanggung jawab kalau kita mempunyai keluhan atau sekedar ingin bertanya tentang produk tersebut. Hal ini juga memudahkan kita jika kita ingin melaporkannya ke pihak berwenang ketika produknya bermasalah.

(baca juga: 8 Hal Yang Seharusnya Enggak Pernah Kita Aplikasikan Ke Wajah Bagian 1)

 

 

4. Ramah lingkungan

Pilih make-up yang ramah lingkungan agar kita terhindar dari kandungan bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, kosemtik yang ramah lingkungan juga enggak menguji produknya pada binatang atau enggak melakukan animal testing. MEskipun harga yang ditawarkan relatif lebih mahal, tapi dengan memilih kosmetik yang ramah lingkungan kita enggak hanya peduli pada kesehatan diri kita, namun juga lingkungan di sekitar kita.

(baca juga: 8 Panduan Memilih Make-Up Essentials Untuk Pemula Bagian 1)

 

 

5. Pilih sesuai jenis kulit


Kita juga perlu bijak dalam memilih kosmetik yang kita pakai sesuai dengan kebutuhan kita. Karena itu, gunakan produk perawatan atau kecantikan kulit sesuai dengan jenis kulit kita. Kita perlu berhati-hati, terutama untuk kita yang memiliki kulit yang sensitif. Ada baiknya sebelum membeli kita mencobanya terlebih dahulu pada punggung tangan kita untuk mengetahui reaksinya pada kulit kita.

(baca juga: Tips Menyembunyikan Jerawat Dan Noda Di Wajah Pakai Make-Up)

 

 

foto: dok. giphy.com, teen.com, tumblr.com

Penulis :

  • Ellanda Jiwari

  • fashion and beauty reporter at kaWanku since 2013.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v