Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

7 Hal yang Mesti Diketahui Kalau Kita Memiliki Jenis Kulit Kombinasi

  • Selasa, 20 Maret 2018 11:39 WIB

Pahami jenis kulit kita! | .

Punya jenis kulit kombinasi kadang bikin susah juga. Pada bagian tertentu, wajah kita berminyak banget, tapi ada juga bagian yang kering pada bagian lainnya.

Karena distribusi minyak yang enggak merata, beberapa cewek memiliki kulit wajah jenis ini.

Ketika kita memiliki kulit kombinasi, cukup sulit memilih skincare yang cocok buat diaplikasikan. Biar enggak bingung, ini 7 hal yang mesti diketahui kalau kita memiliki jenis kulit kombinasi.

(Baca juga: Tutorial Igari Makeup, Riasan Cute yang Hits Banget di Jepang!)

Cek penyebabnya dari rutinitas kecantikan kita

Kadang kita pengin memakai pembersih berbasis alkohol buat kulit berminyak kita. Karena hal ini, produksi minyak pada wajah jadi enggak seimbang.

Bahkan kulit yang tadinya kering malah berminyak pada beberapa bagian. Hal-hal semacam ini bisa membuat kulit kita enggak seimbang. Jenis kulit kombinasi bisa jadi merupakan hasil dari rutinitas kecantikan yang enggak tepat.

Pilih pembersih yang natural

undefined

Kulit kombinasi bisa terjadi karena produk pembersih berbahan alkohol yang kita pakai. Makanya, kita mesti pintar memilih pembersih mana yang aman untuk kulit. Pakai pembersih dengan pH natural. Pelembap ringan juga bisa membuat kulit kita tetap sehat tanpa minyak berlebih.

Coba pakai serum

Serum seringkali direkomendasikan, soalnya ada kandungan bahan yang bisa membantu sel beregenerasi di dalamnya. Selain itu, biasanya serum berbahan dasar air dan toleran sama semua jenis kulit. Kandungan antioksidan dalam serum juga baik buat melindungi kulit dari polutan dan sinar UV.

(Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kita Enggak Boleh Berbagi Kosmetik dan Alat Kecantikan Sama Orang Lain)

Membersihkan sel kulit mati

undefined

Membersihkan sel kulit mati bisa membantu kita buat terhindar dari minyak berlebih. Biar efektif, lakukan jangan lebih dari dua kali dalam seminggu. Gunakan handuk panas untuk mengangkat sel kulit mati secara perlahan. Kalau bisa, setiap empat minggu sekali jalani treatment profesional buat membersihkan wajah kita.

Ketika kulit kombinasi terkena jerawat

Sabun cuci muka yang tepat bisa membuat kulit kita enggak begitu berminyak lagi. Selain itu, kandungan salicylic acid dalam sabun cuci muka ataupun masker bisa menghindarkan kita dari minyak berlebih.

Tambahkan juga krim vitamin E ketika kita berjerawat biar kulit bisa beregenerasi dengan baik.

Gunakan mattifying balm

Produk yang satu ini bisa kita gunakan pada daerah wajah yang berminyak. Kulit mengkilap serta pori-pori besar bisa sedikit berkurang dengan penggunaan mattifying balm. Hasilnya, kulit terlihat lebih lembut dan enggak kelihatan powdery ketika kita memakai makeup.

Hindari memakai makeup berlebihan

undefined

Hindari pemakaian makeup yang berbahan dasar minyak, apalagi sampai memakainya dengan tebal. Penggunaan makeup yang tebal akan membuat kulit kita kelihatan enggak sehat dan kusam.

Reporter : Lana Syahbani
Editor : Lana Syahbani

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×