TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Fashion & Beauty

Tanpa Kita Sadari 5 Kebiasaan Ini Bikin Tangan Keriput

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 12 Januari 2017

Enggak mau dong, masih muda tangannya keriput? | weheartit.com

Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan yang justru membuat kulit tangan tampak lebih tua dan berkeriput. Ini dia 5 kebiasaan buruk penyebab tangan keriput.

(Baca juga: Kebiasaan Yang Bikin Kulit Kering)

Mencuci tangan menggunakan sabun berbahan keras

 

Sabun cuci tangan dengan bahan yang keras bisa membuat kulit tangan menjadi kering. Enggak hanya itu, sabun cuci piring pun turut andil membuat kulit tangan kering dan cepat keriput. Solusinya adalah gunakan sabun cuci tangan dan sabun cuci piring yang memiliki formula yang ringan dan lembut sehingga tangan enggak kering. Selain itu, kamu juga bisa gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring untuk mengurangi frekuensi tangan terkena sabun.

Terlalu sering mencuci tangan

Enggak hanya sabun,  tapi tangan yang terlalu sering terkena air juga bisa mengurangi kelembaban alami kulit tangan. Jadi, pastikan kita selalu mengaplikasikan body lotion atau pelembab setelah mencuci tangan atau tiap kali tangan terkena air terlalu lama agar kulit enggak menjadi kering.

(Baca juga: Apa Bedanya Body Lotion, Body Cream dan Body Butter)

Enggak mengaplikasikan sunblock pada tangan

Sunblock itu wajib digunakan. Tetapi enggak jarang kita lupa mengaplikasikan sunblock pada tangan. Padahal tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar matahari, bersama dengan wajah. Itu sebabnya, tanda penuaan dini biasanya paling jelas terlihat pada kedua bagian tubuh tersebut. Oleh karena itu, pastikan kita selalu menggunakan sunblock pada tangan dan jangan lupa untuk mengulang aplikasi setiap 2-3 jam sekali atau setiap kali terkena air. 

(Baca juga: 5 Kesalahan Besar dalam Memakai Sunblock)

Menggunakan hand sanitizer

Hand sanitizer memang praktis untuk menghilangkan kuman di tangan. Ini karena kandungan terbesar dalam hand sanitizer adalah alkohol. Sayangnya, bersamaan dengan kemampuannya membunuh kuman di tangan, hand sanitizer juga bisa menghilangkan perlindungan dan kelembaban alami kulit tangan. Akibatnya tangan terlihat kering dan berkeriput. Lalu bagaimana agar kita tetap bisa menggunakan hand sanitizer tanpa membuat kulit tangan kering? Cukup gunakan hand sanitizer pada telapak tangan dan jangan gunakan pada punggung tangan.

Terlalu sering melakukan manicure

Bagi yang suka manicure, pasti familiar dengan alat pengering cat kuku. Alat ini memang berguna sekali agar kita enggak tersiksa harus menunggu lama hingga cat kuku kering sempurna. Tapi cahaya berwarna kebiruan pada nail dryer adalah sinar UV! Sinar UV yang berasal dari alat ini sama berbahayanya dengan sinar UV matahari. Solusinya? Keringkan kuku dengan menggunakan metode tradisional (kipas angin, ditup-tiup, dibawah sinar matahari, dll) atau juga lakukan manicure sendiri di rumah.

(Baca juga: Peralatan Salon Yang Harus Diwaspadai)

Itu dia 5 kebiasaan buruk yang bisa membuat tangan kita keriput dan nampak lebih tua. Apabila kebiasaan tersebut tidak segera diubah, tangan kita bisa terlihat lebih tua dari umur sebenarnya dan juga akan lebih cepat mengalami keriput. Enggak banget, lah, yaa... Yuk kita sama-sama ubah kebiasaan buruk tersebut untuk tangan yang halus, lembut dan cantik.

Thanks for reading!

(Baca juga: 7 Cara Alami Mencerahkan Siku & Lutut)

 

Penulis :

  • Atisatya Arifin

  • Indonesian Beauty Blogger. Bookworm. ESL Teacher. Mother

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v