Grid Networks | Sabtu, 18 November 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Tanpa Sadar Kadang Kita Melakukan 10 Kesalahan Ketika Memakai Sunblock Ini

  • Kamis, 12 Januari 2017 11:38 WIB

Jangan sampai, deh! | Best Health Magazine Canada

Kalau cuaca sedang panas, yang namanya sunblock enggak boleh ketinggalan. Yakin, sudah menggunakan sunblock dengan benar? Simak 10 kesalahan yang sering dilakukan saat memakai sunblock ini, deh.

(Baca juga: 5 Kesalahan Besar dalam Memakai Sunblock)

Kesalahan 1: "Cuacanya mendung kok, enggak usah pakai sunblock juga enggak apa-apa."

Mau matahari bersinar terik, berawan, atau mendung sekalipun, jangan sampai enggak pakai sunblock. Meskipun cuaca mendung, 40% dari sinar UV tetap bisa menembus awan dan bisa membahayakan kulit.

Kesalahan 2: "Pakai sunblock-nya sedikit aja biar irit."

Ketika kita hanya menggunakan sunblock tipis-tipis, perlindungan dari sunblock itu bisa berkurang 1/3 dari angka SPF yang tertera pada label. Untuk wajah sendiri, kita membutuhkan sunblock dalam jumlah kurang lebih sebesar uang logam 100 rupiah. Sedangkan untuk seluruh badan (kaki, tangan, punggung dan perut), membutuhkan sunblock sebanyak 1 gelas sloki. Jadi, jangan pelit mengaplikasikan sunblock, ya.

Kesalahan 3: "Aku cuma di dalam rumah aja, jadi enggak perlu pakai sunblock kan?"

Meskipun di dalam rumah yang enggak terkena sinar matahari langsung, bukan berarti kita sudah benar-benar terlindungi. Sinar UVB, sinar matahari yang dianggap paling berbahaya, masih bisa mengenai kulit secara enggak langsung. Sinar UVB, meskipun sudah terpecah-pecah oleh awan dan elemen lainnya di atmosfer, masih bisa memantul kembali dari permukaan yang memantulkannya misalnya pasir atau aspal.

(foto: thenextweb.com)

Reporter : Lana Syahbani
Editor : Astri Soeparyono

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×