Grid.ID Networks | Senin, 24 Juli 2017 | SIGN IN | SIGN UP

10 Hal Penting yang Wajib Kita Perhatikan Sebelum Memutuskan Buat Nge-Kost

Reporter : Averina Lita
Editor : Averina Lita

thelovelyside.com

Sebenarnya kita udah mantap mau sekolah atau kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri. Tapi gara-gara keseringan melihat meme atau mendengar pengalaman anak kost yang jauh dari kata indah, kita jadi enggak yakin buat nge-kost. Padahal jadi anak kost enggak semenyeramkan itu kok, asalkan kita memerhatikan beberapa hal penting ini:

 

Siapkan mental

Ini yang paling penting, girls. Kalau biasanya semua kebutuhan kita udah disiapkan dan tersedia di rumah, setelah nge-kost kita harus mengurus segala sesuatunya sendiri. Belum lagi kenyataan kalau kita tinggal jauh dari keluarga dan rumah yang udah jadi bagian hidup kita sehari-hari. Anggap aja kesempatan ini sebagai pengalaman baru supaya kita bisa lebih mandiri dan tahan banting.

 

Memilih tempat kost

Tempat kost akan jadi rumah kita untuk sementara, jadi udah pasti kita harus memilih tempat yang paling membuat kita nyaman. Selain faktor jarak, kita juga harus mempertimbangkan faktor keamanan lingkungan sekitar, sarana transportasi, serta ketersediaan toko untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Luangkan waktu dari jauh-jauh hari buat melakukan survey bareng orangtua. Bisa juga minta rekomendasi dari keluarga atau teman yang tinggal di kota atau negara tujuan.

 

Melengkapi kamar

Kebanyakan kamar kost yang disewakan hanya ruangannya saja, jadi kita harus melengkapinya sendiri. Kalau kamar kost kita enggak terlalu besar, sebaiknya kita cuma mengisinya dengan hal-hal yang penting kayak tempat tidur, meja belajar, AC, dan lemari, daripada akhirnya malah jadi sumpek dan membuat gerak-gerik kita jadi terbatas. Sementara kalau masih ada tempat, kita bisa menambahkan kulkas. Jangan lupa susun anggaran supaya pengeluaran kita enggak berlebihan.

 

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dicari Tahun 2017

 

Buat senyaman mungkin

Supaya makin betah, kita bisa lho, memasang sprai favorit, memajang foto bareng orang tersayang, atau mendekor kamar sesuka hati. Tapi ingat, jangan sampai merusak dinding atau mengganggu penghuni kost lain, ya. Jangan lupa juga menyimpan obat-obatan dan keperluan P3K. Kalau kita termasuk tipe yang suka ngemil, kita juga bisa menyetok camilan. Intinya, buat kamar kost jadi senyaman mungkin karena kita akan menghabiskan waktu kita di kamar itu dalam waktu cukup lama.

 

Mengatur waktu

Tinggal sebagai anak kost berarti enggak ada lagi yang akan membangunkan kita di pagi hari atau mengingatkan kita buat makan. Jadi cuma diri kita sendiri yang bisa membiasakan hidup disiplin. Pasang alarm supaya enggak terlambat masuk sekolah atau kuliah, serta makan dan tidur di waktu seharusnya. Jangan karena enggak ada orangtua yang akan menelepon menyuruh pulang, kita jadi seenaknya pulang malam. Kita harus bisa bertanggung jawab sama diri kita sendiri, meskipun enggak ada yang mengawasi.

 

Baca juga: 3 Alasan Utama Kenapa Kita Enggak Percaya Diri & Gimana Mengatasinya Berdasarkan Penelitian

Reporter : Averina Lita
Editor : Averina Lita

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×