TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

3 Pesan Terselubung Di Balik Status 'Listening To' Lagu Galau

  • Natasha Erika
  • Posted on : Selasa, 24 November 2015

3 Pesan Terselubung Di Balik Status 'Listening To' Lagu Galau

Ada alasan mengapa seseorang memiliki lagu favorit, ada pesan yang tersimpan dari pilihan lagu yang didengarkan seseorang. Rasanya, teori tersebut ada benarnya. Enggak bisa dipungkiri kalau manusia jaman sekarang sering merasa terkoneksi begitu mendalam dengan lagu pilihan yang sesuai suasana hati. Terutama saat kita sedang terserang penyakit galau.

 

Baca juga: 10 Lagu Ungkapan Perasaan Kita Yang Gebetan Harus Dengar

 

Dua orang peneliti, Annemieke Van den Tol dan Jane Edwards, penasaran mengapa kala galau atau sedih, banyak orang yang mendengarkan lagu-lagu yang justru membuat mereka merasa lebih terpuruk.  Mereka menemukan tiga alasan yang membuat orang tetap memilih lagu dengan lirik menyayat hati saat perasaan mereka tengah sedih. Ini dia 3 pesan terselubung di balik status listening to lagu galau.

 

Baca juga: 15 Lagu Yang Mantan Pacar Harus Dengar dan Baca Liriknya

 

 

Pertama, ingin menenangkan perasaan dengan pasang status

Saat  sedang resah dan galau, secara alamiah seseorang mencari "pegangan" untuk menenangkan perasaan yang tengah terombang-ambing. Biasanya, lirik-lirik pada lagu dapat mengidentifikasi emosi yang mereka rasakan. Selain itu, juga  mengandung pesan yang dapat menguatkan hati yang tengah hancur.

 

Kedua, ingin memantapkan perasaan sedih

Sebelum seseorang mengaku pada diri sendiri mengenai kesedihan yang mereka alami, biasanya mendengarkan lagu sedih membantu kita mengetahui perasaan sesungguhnya.  Menurut penelitian lagu sedih dengan lirik menyentuh memang lebih laris dibandingkan jenis lainnya.

 

Walau begitu, menurut Van den Tol, lagu sedih enggak bisa menyelesaikan masalah secara tuntas yang bergejolak dalam hati. Selain itu, lagu sedih merupakan indikasi dari ketidakmampuan kita dalam menghadapi persoalan.

 

 

Ketiga, ingin memanggil memori indah

Sejumlah orang menggunakan musik untuk "memanggil" kembali memori terindah dan terburuk mereka dengan seseorang. Lagi-lagi, cara ini sebenarnya enggak membantu kita jadi pulih. Menurut Edwards, cara ini sebenarnya hanya akan menyakitkan kita dan sama sekali enggak bisa mengubah keadaan ataupun suasana hati Anda.

 

Baca juga: Ciri-ciri Cowok Lagi Galau di Social Media

 

(sumber: agustina/kompas,com, foto: pharmacypedia.org)

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×