TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Cara Mengatasi Depresi dan Rasa Kecewa Atas Kegagalan di Sekolah

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 14 April 2017

foto: dramabeans.com

Banyaknya kasus remaja mengalami depresi bahkan bunuh diri karena mengalami kegagalan sungguh disayangkan. Padahal, usia kita yang masih muda itu punya masa depan yang masih panjang dan masih banyak kesempatan lain yang bakal terbuka buat kita, lho. Nah, ada 4 cara mengatasi depresi dan rasa kecewa atas kegagalan yang mungkin sedang kita alami di sekolah. Tiap poin dari cara ini juga pernah dilakukan tokoh-tokoh besar dunia yang sempat gagal, lho. So chin up and try again!

 

Baca juga: 5 Remaja Bunuh Diri Akibat Depresi Menghadapi Ujian Sekolah

 

 

Wajib cerita!

Cara yang bisa disebut sebagai the talking cure ini terbilang susah untuk kita lakukan. Apalagi di usia remaja kita cenderung malu untuk menceritakan tentang kegagalan. Tapi, hal ini harus banget kita lakukan. Ketika merasa kecewa akan suatu hal, jadilah sosok cewek yang terbuka. Ceritakan hal tersebut sama orang yang paling dekat dengan kita, misalnya keluarga atau geng kesayangan. Kalau kita merasa enggak ada orang yang mendengarkan, coba ceritakan hal ini kepada guru pembimbing di sekolah yang pastinya sudah menjadi tugasnya untuk pasang telinga mendengarkan keluh kesah para murid.

 

Belajar dari sejarah: Kegagalan karena enggak menjadi yang terbaik itu bukanlah akhir dari kehidupan kita. Kita bisa belajar dari Bill Gates yang tetap semangat dan membuka dirinya kepada orang sekitar walau ia gagal menjadi lulusan Universitas Harvard. Tapi, kini, ia berhasil jadi salah satu orang terkaya di dunia!

 

 

Selalu ada pilihan lain

Enggak mendapat nilai memuaskan untuk mata pelajaran favorit kita, bukan berarti enggak ada kesempatan lain untuk memperbaiki diri. Gagal masuk fakultas kuliah favorit kita, kita bisa ikut ujian lagi dan mencoba lagi. Di usia remaja yang akan bertumbuh menjadi dewasa, kita harus mulai belajar untuk melepaskan sesuatu. Kalau memang bidang favorit kita itu enggak cocok dengan kemampuan kita, pasti ada bidang atau tempat lain yang lebih cocok.

 

 

Belajar dari sejarah: Sering melihat mobil merk Ford? Pengusaha mobil ini, Henry Ford, sempat gagal dua kali menjalankan perusahaannya. Tapi, ia terus berusaha dan enggak menyerah. Dan, akhirnya, setelah ia terus mencoba lagi, ia berhasil menjalankan perusahaan besar itu hingga sekarang.

 

Baca juga: Tips Move On Dan Menghadapi Rasa Sedih Dan Depresi

 

Berdamai dengan diri sendiri

Yap! Orang pertama yang harus kita ajak baikan adalah diri kita sendiri. Makanya, kita harus bisa berdamai dengan diri sendiri dan menerima segala kekurangan kita. Mungkin, target yang pengin kita capai itu bukanlah bidang yang cocok buat kita. Terimalah itu, dan yakinlah kalau ada hal lain yang bakal cocok buat kita ke depannya.

 

Belajar dari sejarah: Tahukah kamu Albert Einstein, ahli matematika dan fisika, ternyata sangat enggak jago dalam hal bahasa? Yap! Setiap orang punya kekuatan, tapi setiap orang juga punya kekurangan.

 

 

Fokus pada masa depan

Setelah kita berdamai dengan diri sendiri, barulah kita bisa fokus pada masa depan. Perasaan sedih, kecewa dan stress memang bisa menghampiri kita, tapi wajib kita tahu kalau kita masih punya masa depan yang cerah banget.

 

Belajar dari sejarah: Charles Darwin, pencipta teori evolusi, dahulu pernah gagal mengikuti ujian sekolah medis. Ia juga dikecam oleh ayahnya dan guru-gurunya. Tapi, kalau ia menyerah dan larut dalam depresi, tentunya teori evolusi enggak bakal ditemukan.

 

Baca juga: Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Mengalami Depresi?

 

(foto: just-a-lost-soul-in-wonderland.tumblr.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v