Grid Networks | Senin, 28 Mei 2018 | SIGN IN | SIGN UP

4 Cara Mengontrol Nafsu Makan

  • Minggu, 6 Mei 2018 08:00 WIB

4 Cara Mengontrol Nafsu Makan

Suka ngemil tapi enggak ngerasa kenyang? Atau memiliki kebiasaan makan yang enggak teratur, sehingga membuat mulut serta saluran pencernaan kita terus mengolah makanan tanpa henti? Ada 4 cara mengontrol nafsu makan, nih, girls.

 

"Rasa lapar adalah pengukur persediaan bahan bakar tubuh," ujar Michelle May, M.D, penulis buku Eat What You Love, Love What You Eat. Trik jitu menurut May adalah memahami sinyal kelaparan sebelum kita makan. Ada empat cara mengontrol nafsu makan , ketika kita memang belum benar-benar merasa lapar.

 

Baca juga: Makan Terlalu Banyak? Seimbangkan Dengan Lima Makanan Ini

 

Beri Jeda Sebelum Makan

"Ketika kita merasa ingin makan, cobalah berhenti pada saat itu juga. Beri jeda di antara rasa ingin makan dan benar-benar melahap makanan," saran May. Untuk ini, kuncinya adalah kesadaran. Di saat jeda tersebut, kita bisa mengetahui apakah rasa lapar yang kita rasakan ternyata hanya rasa bosan, lelah, stres, atau haus.

 

Lebih lanjut, May juga mengatakan sudah seharusnya tubuh manusia enggak makan setiap dua atau tiga jam sekali. Namun, membiarkan tubuh merasakan kelaparan hingga titik tertinggi juga sangat berbahaya bagi kondisi tubuh, karena menyebabkan rendahnya kadar gula darah yang justru memicu kita makan berlebihan.

Reporter : aris programmer
Editor : Redaksi - CewekBanget.ID

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×