TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Seperti Yang Dilakukan Cewek Ini

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 2 Desember 2015

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Seperti Yang Dilakukan Cewek Ini

Ada 4 cara menurunkan berat badan tanpa diet seperti yang dilakukan cewek penderita obesitas yang berhasil menurunkan bobot hingga 75 kilogram.

 

Seperti ditulis di Kompas.com, cewek pengguna situs Reddit dengan nama AvocadoToes ini mengatakan bahwa dirinya pernah menderita obesitas saat berusia 17 tahun. Berat badan cewek yang enggak menyebutkan nama aslinya ini, saat itu, berkisar di angka 140 kilogram dengan tinggi 177 sentimeter.

 

Kini, selang tiga tahun, bobot tubuh AvocadoToes turun hingga angka 65 kilogram. Singkatnya, AvocadoToes berhasil menurunkan bobot hingga 75 kilogram. Tentunya, itu adalah angka yang fantastis. AvocadoToes mengungkapkan bahwa rahasia penurunan bobotnya tersebut sangat sederhana, tanpa diet khusus.

 

 

"Aku masuk perguruan tinggi, makan lebih sedikit, bergerak lebih banyak, dan belajar lebih peduli dengan tubuhku, serta mengalihkan pikiran ke hal lain daripada makanan," aku AvocadoToes.

 

Baca juga: 5 Kesalahan Diet Yang Sering Cewek Lakukan

 

1. Makan lebih sedikit

Kalau kita menelusuri lebih lanjut, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar makan sedikit tapi tetap merasa kenyang. Solopos.com menulis, makan dalam interval kecil, misal setiap dua hingga tiga jam sekali, karena akan membantu kita enggak merasa terlalu lapar pada waktu makan. Juga, makan dengan porsi kecil tetapi sering akan membuat tubuh tetap aktif membakar beberapa kalori tambahan.

 

 

Cara lain, kita juga bisa makan dengan piring berukuran kecil dan jangan makan di depan televisi. Kesimpulan ini didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan America's Cornell University. Makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan. Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang.

 

2. Banyak bergerak

Menurut Dr. Kevin D. Hall dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, hal yang terjadi justru kebalikannya, seperti dikutip dari Detik.com, banyak bergerak bisa berguna untuk menjaga berat badan dalam posisi stabil ketimbang hanya mengurangi porsi makanan.

 

 

Studi pada lebih dari 5.000 peserta di National Weight Control Registry telah menunjukkan bahwa mereka yang kehilangan banyak berat badan dan tetap bisa menjaganya selama bertahun-tahun setelah melakukan 2 cara yaitu melanjutkan aktivitas fisik alias banyak bergerak setelah mengurangi kalori dan pemeriksaan rutin berat badan.

 

Baca juga: Diet Yang Cocok Untuk Zodiak Taurus, Gemini, Cancer

 

3. Belajar lebih peduli dengan tubuh

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk belajar lebih peduli dengan tubuh. Detik.com pernah membahas soal gimana kita bisa mendapatkan tubuh ideal yang bugar tanpa harus melakukan diet ketat. Caranya adalah dengan memperhatikan apa yang sebenarnya tubuh kita butuhkan. Contohnya, stop berpikir bahwa diet ekstrem bisa membuat kita mencapai bentuk fisik yang sempurna. Ubahlah dengan pola diet seimbang dan kurangi porsi makan.

 

 

Boleh juga sesekali ngemil cake, cokelat, keripik kentang atau makanan favorit kita yang lainnya. Tapi batasi hanya satu kali seminggu, misalnya di akhir pekan. Dengan begitu, kita tetap bisa menikmati makanan kesukaan dan tidak kalap ketika ada makanan enak berlimpah di sebuah acara.

 

4. Mengalihkan pikiran ke hal lain

Semakin kita berpikir harus menjalani diet, semakin sulit kita menerapkan pola makan sehat untuk tubuh, begitu yang disarankan di Kompas.com. Setiap saat kita berkata pada diri sendiri, "Besok saya akan mulai diet," akan semakin sering kita mengonsumsi makanan enggak sehat. Mengingatkan diri untuk menjalani diet akan membuat kita tersiksa dan enggak pernah siap untuk mengonsumsi makanan sehat. Yang perlu kita lakukan adalah memilih makanan dengan tepat tanpa perlu merasa tertekan.

 

Baca juga: Tanpa Diet, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan

 

(foto: hercampus.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v