TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 9 Juli 2015

4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Suka berbelanja online, girls? Entah itu di toko online kayak Blibli dan Lazada, atau di lapak-lapak online yang bertebaran di Kaskus, Facebook, bahkan Instagram. Walaupun sama-sama toko online, ternyata mereka berbeda, lho. Yuk, cari tahu 4 jenis toko online yang perlu kita tahu ini.

 

(Baca juga: 4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu Bagian 1)

 

Marketplace C2C (Customer to Customer)

Sepintas, bentuknya enggak berbeda sama toko online classified. Tapi, di toko online jenis ini, pengelola juga memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan. Ini yang menjadi ciri utama dari bentuk bisnis e-commerce Marketplace C2C. Pada umumnya pihak e-commerce akan memberikan layanan Escrow atau rekening pihak ketiga.

 

Cara pembayaran

Fungsi Escrow ini, menjadi jembatan antara penjual, pembeli dan pihak e-commerce. Kalau sudah terjadi kesepakatan pembelian, pembeli harus mentransfer uang kepada pihak escrow. Baru setelah uang dikonfirmasi masuk ke escrow, penjual bisa mengirimkan barangnya para pembeli. Dan setelah pembeli mengkonfirmasi kedatangan barang, maka pihak escrow akan memberikan uang nya ke penjual.

 

Toko online jenis ini jauh lebih aman. Dengan menggunakan jasa escrow kalau tiba-tiba terjadi masalah dengan barang, uang akan bisa segera dikembalikan pada pembeli.

 

Toko online apa saja?

Toko online apa saja sih yang masuk kategori ini? Ada Tokopedia dan Lamido. Toko online ini mendapatkan keuntungan dari iklan dan komisi dari jasa escrow. Kalau kita mau berjualan punya barang dengan jumlah yang cukup banyak, bisa mencoba menjualnya di toko online jenis ini. Pada situs Kaskus FJB  (forum jual beli), ada jasa escrow yang lebih dikenal dengan nama Rekber atau rekening bersama. Tapi sifatnya opsional, tidak diwajibkan. Ini juga yang membuat Kaskus enggak masuk dalam toko online kategori ini.

 

(Baca juga: Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula)

 

Toko online B2C (Business to Consumer)

Toko online ini lebih fokus pada penjualan barang atau produk milik toko itu sendiri. Jadi biasanya punya koleksi barang yang sangat banyak, seperti belanja di toko beneran tapi sistemnya online. Misalnya Lazada, Bhineka, dan Berry Benka.

 

Toko online ini juga biasanya menawarkan banyak diskon, berbagai cara pembayaran yang aman, eksklusivitas penjualan, sampai delivery. Bahkan, ada juga toko online jenis ini yang memberikan layanan penukaran barang kalau apa yang kita pesan ternyata enggak cocok.

 

Untuk kelas dunia, bahkan ada toko online jenis ini yang bisa memberikan layanan supercepat dalam urusan delivery. JD.com asal Cina misalnya, bisa mengirimkan barang ke konsumen dalam waktu satu hari sampai hanya 3 jam.

 

Merasa paling aman kalau berbelanja di toko online jenis yang mana, nih, girls?

 

(Baca juga: Kesalahan Ketika Belanja Online)

 

(foto: tumblr.com)

 

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×