TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Cairan Vagina yang Keluar Sebelum, Ketika, dan Setelah Menstruasi

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 18 Februari 2016

Cari tahu 5 cairan vagina yang keluar sebelum, ketika, dan setelah menstruasi ini, girls.

Dr. Judith Hersh, MD, ginekolog di Central Jersey Women's Health Associates, Amerika, bilang kalau cairan yang keluar dari vagina kita akan berbeda tiap minggunya. Dan ini normal. Ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh dan siklus menstruasi kita. Cari tahu 5 cairan vagina yang keluar sebelum, ketika, dan setelah menstruasi ini, girls. Supaya enggak kaget atau takut.

 

(Baca juga: 6 Jenis Cairan Vagina Atau Keputihan Yang Cewek Harus Tahu)

 

Sebelum menstruasi

Cairan berwarna putih atau sedikit keabuan yang sedikit menggumpal dan lengket akan keluar sebelum menstruasi. Dr. Judith bilang kalau cairan ini berfungsi untuk memberi tahu bahwa tubuh kita akan mengalami menstruasi dalam durasi 6 bulan ke depan. Cairan ini adalah sel vagina yang luruh. Jika enggak ada keluhan lain, seperti gatal atau iritasi, kita enggak perlu khawatir. Cukup jaga kebersihan vagina dengan mencucinya menggunakan air dan mengeringkannya dengan handuk bersih. Enggak perlu pakai sabun atau obat-obatan.

 

Minggu pertama, menstruasi

Di minggu menstruasi, cairan yang keluar dari vagina kita bisa berwarna cokelat atau merah dan berlangsung selama 4-7 hari. Kadang ada juga yang berbentuk gumpalan. Kalau kita enggak ada keluhan kesehatan dan anemia, kita enggak perlu ke dokter.

 

(Baca juga: Vagina yang Normal Punya Bau Alami, Seperti Apa?)

1 2

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id by day, blogger by night. Email me at astri@gramedia-majalah.com :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v