TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Fakta Tentang Cegukan dan Cara Menghindarinya

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Jumat, 18 Desember 2015

5 Fakta Tentang Cegukan dan Cara Menghindarinya

Pernah mengalami cegukan, girls? Apa yang kamu rasakan? Sakit, geli, takut, atau capek? Walaupun enggak berbahaya, tapi kita harus waspada kalau cegukan terjadi lama atau sering. Ini dia 5 fakta tentang cegukan dan cara menghindarinya.

(foto: mindthesciencegap.org)

 

(Baca juga: Cara Mengurangi Perut Kembung)

 

Apa itu cegukan?

Menurut Dr. Lourdes DelRosso, asisten profesor pediatri di Universitas Pennsylvania, cegukan merupakan proses kontraksi singkat otot utama yang terlibat dalam respirasi. Pada dasarnya, cegukan terjadi ketika diafragma kita yang mengalami kontraksi secara tiba-tiba. Pengetatan ini akan memaksa untuk menutup ruang antara pita suara. Lalu timbulah suara "hik".

 

Kenapa bisa cegukan?

Biasanya penyebab cegukan terjadi bila kita makan teralu cepat, mengunyah permen karet, dan menyeruput minuman berkarbonasi. Hal-hal itu merupakan aktivitas yang bisa membuat udara masuk ke tenggorokan, tempat yang bukan semestinya. 

 

(Baca juga: Penyebab Sering Kentut)

 

Cegukan yang lama

(foto: digg.com)

 

Kita perlu berhati-hati apabila mengalami cegukan yang berlangsung lebih dari dua hari. Dr. Lourdes DelRosso mengatakan mungkin terdapat hal yang serius yang terjadi di dalam tubuh kita. Cegukan yang lama juga dapat terjadi pada orang yang menderita kanker stadium lanjut.

 

Cegukan non-stop

Dr. Lourdes DelRosso dan rekannya juga pernah menerbitkan sebuah studi tentang kasus cegukan. Studi tersebut mengenai seorang pria dengan umur 60 tahun yang telah mengalami cegukan hampir non-stop selama setahun penuh. Ia menyarankan refleks cegukan yang berlangsung lama perlu mengkonsultasikan ke ahli medis.

 

Cara menghindari cegukan

Dengan makan dengan santai, mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi dan tidak banyak mengunyah permen karet, kita dapat mencegah terjadinya cegukan. (Sumber: intisari-online.com)

 

(Baca juga: Hush You, Hiccups!)

 

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×