TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Kebiasaan Yang Membuat Kita Jadi Sahabat Yang Buruk

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 28 September 2015

5 Kebiasaan Yang Membuat Kita Jadi Sahabat Yang Buruk

Irene S. Levine, Ph.D., seorang profesor psychiatry di New York University School of Medicine dan produser TheFriendshipBlog.com bilang, ada 5 kebiasaan yang membuat kita jadi sahabat yang buruk. Apa aja?

 

(Baca juga: Tips Jadi Sahabat Baik Seperti Taylor Swift)

 

Selalu terlambat

Jadwal kegiatan seseorang akan berbeda dengan orang lain termasuk sahabat. Kalau udah bikin janji, kita harus datang tepat waktu. Kalau kita sering datang terlambat atau bahkan enggak datang sama sekali, ini akan membuat kita jadi sahabat yang buruk. Levine menambahkan, sahabat akan berpikir kalau kita enggak menghargai waktunya dan ini akan menurunkan nilai pada diri seseorang. Hal ini akan menunjukkan kurangnya minat dalam persahabatan seseorang.

 

(Baca juga: Tips Menghadapi Teman yang Suka Ngaret)

 

Sering merepotkan

Iya sih, sahabat harus saling membantu. Tapi, enggak untuk setiap detik dan tidak selalu meminta-minta bantuan, misalnya meminta tumpangan, membayari makanan, meminta jemput, dan lainnya. Kita harus memberikan perhatian sama seperti yang sahabat kita berikan. Pertimbangkan juga skala atau waktu etika meminta bantuan kepada sahabat.

 

(Baca juga: Cewek Itu Seksi Kalau Mandiri)

 

Menuntut sahabat enggak berubah

Bagaimana pun, seseorang akan berubah. Misalnya, sahabat kita yang single udah punya pacar dan kita tetap mengharapkannya seperti yang dulu. Itu akan sulit. Karena kehidupan menuntut seseorang berubah dan kita harus menerimanya.

 

(Baca juga: Tips Saat Merasa Tertinggal Jauh Dari Sahabat Yang Berubah)

 

Ngomong terus

Mungkin kita ingin terlihat akrab sehingga aktif berbicara. Tapi, ketika sahabat mulai memalingkan wajahnya atau melihat-lihat jam tangannya mungkin ia sudah enggak tertarik dengan obrolan kita. Selalu berikan kesempatan buat sahabat kita yang cerita dan kita yang mendengarkan. Semua orang pasti membutuhkan pendengar yang baik.

 

(Baca juga: 3 Tips Menghadapi Teman yang Suka Curhat)

 

Pasif

Enggak pernah nanya kabar sahabat atau selalu menunggu sahabat untuk menelepon duluan? Kalau kita enggak pernah mulai menghubungi sahabat terlebih dulu, kita akan dinilai kurang berminat dalam hubungan persahabatan tersebut. Jangan selalu menunggu, mulailah mengajak sahabat untuk melakukan suatu hal.

 

Dari 5 kebiasaan yang membuat kita jadi sahabat yang buruk ini, mana yang sering kamu lakukan, girls? (sumber: womenshealthmag.com)

 

(Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Teman Menjauh)

 

(monalisa/intisari-online.com, foto: bustle.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id by day, blogger by night. Email me at astri@gramedia-majalah.com :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v