Grid Networks | Senin, 28 Mei 2018 | SIGN IN | SIGN UP

5 Kesalahan Ketika Mandi yang Membuat Kulit Iritasi

  • Selasa, 24 April 2018 20:00 WIB

5 Kesalahan Ketika Mandi yang Membuat Kulit Iritasi

Kulit terasa lebih kering, sering gatal, atau malah muncul infeksi tapi enggak tahu apa penyebab utamanya? Jangan-jangan kita sering melakukan 5 kesalahan ketika mandi yang membuat kulit iritasi.

(Baca juga: 5 Kesalahan Yang Cewek Lakukan di Kamar Mandi)

Mandi dengan air terlalu panas

Menurut Melissa Piliang, MD, ahli dermatologi dari Klinik Cleveland, selain mengeringkan kulit, air yang terlalu panas juga berisiko menimbulkan eksim pada kulit. Bila air shower mandi masih mengeluarkan uap, tandanya suhu air masih terlalu panas untuk kulit.

Dr. Piliang menyarankan, kita enggak perlu mandi menggunakan air yang terlalu panas untuk mendapatkan efek hangat atau efek menenangkan yang sama. Cara mudahnya, biarkan uap air mandi menghangatkan seluruh ruang terlebih dahulu. Bila sudah cukup hangat, turunkan sedikit suhu air mandi dan basuhlah kulit. Dengan cara ini kita bisa menikmati panas tanpa membuat kulit iritasi.

(Baca juga: 5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan)

Memakai sabun antibakteri setiap mandi

(foto: tumblr.com)

"Sabun dengan kandungan antibakteri yang digunakan setiap hari bisa lebih membahayakan kulit daripada melindungi. Soalnya, kebanyakan sabun antibakteri mengandung deterjen keras yang bisa menghilangkan semua minyak alami dari kulit, sehingga rentan membuat kulit kering dan iritasi," lanjut Dr. Piliang.

Reporter : Astri Soeparyono
Editor : Astri Soeparyono

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×