TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Tips Dasar Fotografi dari Fotografer Muda Indonesia

  • Natasha Erika
  • Posted on : Senin, 13 Juli 2015

5 Tips Dasar Fotografi dari Fotografer Muda Indonesia

Ini dia beberapa tips dasar dari fotografer muda, Nurulita dan Raja Siregar, yang cocok dipelajari fotografer pemula. Dalam acara photography coaching clinic 'Capturing Your #EveryDELLife yang diadakan DELL Indonesia, kedua fotografer muda ini memberikan tips utama dan penting dalam fotografi. Enggak cuma teknis, tapi juga sikap yang harus kita miliki. Berikut 5 tips dasar fotografi dari fotografer muda Indonesia.

 

(Dari kiri ke kanan): Nurulita dan Raja Siregar, fotografer muda sebagai pembicara photography coaching clinic 'Capturing Your #EveryDELLife, ditemani MNC Sales Director Intel Indonesia Yohan Wijaya dan Marketing Specialist PT. DELL Indoensia Henri Yoke.

 

Baca juga: ips Fotografi: Belajar Memotret Makanan, Yuk!

 

Foto yang memiliki jiwa

Yang paling utama dalam menghasilkan foto yang bagus adalah foto tersebut harus memiliki rasa. Menurut Nurulita, foto itu harus punya rasa dan bisa menyampaikan rasa itu dalam hasil jepretan. Itu yang utama karena sebuah foto harus punya jiwa. Dan, kita pasti bisa melihat, kok, mana foto yang menyampaikan rasa, mana yang tidak.

 

Foto traveling

Buat yang lagi liburan, pasti pengin mengabadikan tempat liburan dengan foto yang kece, dong? Nah, ada tips dari Raja Siregar, nih, selaku fotografer alam. Ketika pengin foto alam terutama di Indonesia, hindari foto antara pukul 11.00 sampai 14.00 WIB karena matahari tepat berada di atas kita. "Mungkin agak sorean setelah foto agar cahayanya lebih bagus."


Foto model

Nurulita sebagai fotografer yang sering mendapat proyek foto komersial memberi saran jitu ketika kita pengin foto model. "Bikin model nyaman. Kenalan sama model, berinteraksi dan selalu memberi komplimen." Jadi, bukan skill memotret saja yang dibutuhkan tapi juga skill dalam berkomunikasi.

 

Para peserta photography coaching clinic 'Capturing Your #EveryDELLife' mempraktikkan fotografi model.

 

Baca juga: 8 Tips Fotografi dari Fotografer Handal, Justin Mott

 

Keterbatasan alat

Nurul juga menambahkan supaya kita tetap semangat dengan keterbatasan alat fotografi. Misalnya, walau foto memakai hape asalkan kita benar-benar memberikan rasa maka hasilnya pasti bagus karena ada jiwanya. Yang enggak kalah penting juga adalah kreativitas dalam membingkai suatu objek foto.

 

Editing foto

Setelah kita berhasil menjepret dengan baik sebuah foto, langkah selanjutnya yang enggak kalah penting adalah editing. Jadi, selain kita butuh kamera, kita juga butuh alat penunjang seperti laptop untuk mengedit foto. "Laptop penting dalam dunia fotografi karena end result-nya dari situ," ujar Raja.

 

Baca juga: Aplikasi-Aplikasi Gratis Edit Foto Jadi Karikatur, Kartun dan Komik

 

(foto: dok. Dell)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v