TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

7 Cara Hati-Hati Saat Online Berdasarkan Serial TV CSI: Cyber

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Senin, 18 Mei 2015

7 Cara Hati-Hati Saat Online Berdasarkan Serial TV CSI: Cyber

Kegiatan online memang enggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita saat ini. Meski memudahkan kegiatan, kita harus ekstra hati-hati ketika online karena ada banyak kejahatan tersimpan di dunia maya. Salah satu serial TV Amrik, CSI: Cyber khusus menyoroti kejahatan-kejahatan yang terjadi di dunia maya. Lewat serial ini, kita bisa belajar banyak tentang cara berhati-hati ketika online agar tidak menjadi korban kejahatan dunia maya.

 

(Baca juga: Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula)

 

Enggak Sembarangan Ngeklik Iklan

Di salah satu episode, seorang pasien mencari second opinion lewat website kesehatan, lalu membeli obat di apotek online lewat iklan yang ada di website tersebut. Ternyata, website tersebut di-hack oleh seseorang yang menjual obat palsu. Episode ini mengajak kita untuk berhati-hati dan tidak mudah tergoda membuka iklan yang ada di website. Lakukan double check sebelum memastikan membeli sesuatu, terutama hal yang sangat pribadi, seperti obat.

 

Tidak Update Rutinitas

Di episode lain, seorang psikopat mencari korban dengan cara melihat status di sosial media. Rutinitas yang di-update terus menerus bisa membuat orang lain yang berniat jahat mengerti pola kehidupan kita dan mencari celah untuk melakukan niat jahatnya. Caranya, tidak mengumbar semua info pribadi, seperti tempat favorit yang selalu didatangi, rute jalan dari rumah ke sekolah, dan tempat favorit kita buat difoto. Info sepele ini bisa jadi info penting bagi orang yang ingin mencelakakan kita.

 

(Baca juga: Agar Foto Pribadi Kita Aman Dari Ancaman Hacker)

 

Berhati-Hati Pesan Kendaraan Lewat Apps

Sekarang, lagi hits memesan kendaraan, seperti taksi atau ojek lewat apps. Salah satu episode menceritakan tentang seorang serial killer nge-hack apps untuk mencari korban yang akan dibunuh. Memang sih hal ini memudahkan kita ketika ingin mencari kendaraan umum, tapi kita harus mengecek si pengendara. Pastikan data si pengendara sama dengan yang tertera di apps. Selain itu, kita juga bisa berbagi info tentang kendaraan tersebut kepada orang lain sehingga ada yang tahu keberadaan kita saat itu.

 


 

Hal Pribadi Sampaikan Secara Langsung

Email atau sosial media memang memudahkan dalam menyampaikan pesan. Namun, kita enggak pernah tahu jika ada nge-hack email atau medsos sehingga informasi penting yang seharusnya diketahui satu orang saja bisa diketahui banyak orang dan disalahgunakan. Karena itu, jika ada hal penting dan rahasia, sebisa mungkin sampaikan secara langsung.

 

Hati-Hati Dengan WiFi

WiFi memang jadi hal yang enggak bisa dihindarkan, terutama public WiFi yang gampang diakses. Avery Ryan (Patricia Arquette), pernah berkata di episode 4 'Fire Codes', "apa kita harus menghubungkan semua device dengan Wi-Fi? Kita harus memikirkan produk yang kita gunakan dan menjaganya untuk tetap aman." Intinya adalah, enggak semua gadget harus disambungkan ke WiFi, terutama public WiFi.

 

(Baca juga: 7 Tips Aman Memakai Free WiFi)

 

Hati-Hati Dengan Kamera

Tanpa disadari, kamera yang ada di laptop atau smartphone atau gadget lainnya bisa di-hack oleh orang lain dengan cara nge-hack alamat IP kita. Jadi, berhati-hatilah dengan kamera ini. karena bisa saja ada orang jahat yang nge-hack dan merekam foto atau video pribadi tanpa kita sadari. "Aku berasa jadi lebih paham sekarang, tentang password yang harus aku pakai untuk WiFi-ku atau angle kamera di laptopku," jelas Hayley Kiyoko, pemeran Raven, seorang computer analyst di serial ini.

 

 

Password Yang Kuat

Cara termudah agar kita enggak gampang di-hack adalah dengan memiliki password yang kuat. Menurut Avery Ryan, password ini seperti pintu depan rumah kita, jadi harus dipastikan terkunci dengan kuat. Pastikan WiFi pribadi kita dipasang password, begitu juga dengan semua gadget. Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun atau gadget. Dan, buat kombinasi password yang enggak gampang ditebak.

 

(foto: vulture.com, thestar.com.my, tv.com)

 

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v