TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

7 Cara Relaksasi Ringan Untuk Menghilangkan Rasa Capek Saat Belajar

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Rabu, 30 Maret 2016

Foto: soompi.com

Setelah berjam-jam belajar, tiba-tiba ktia merasa capek. Hal ini sering terjadi, mengingat selama berjam-jam kita duduk di posisi yang sama dan otak bekerja keras dalam memahami apa yang tengah dipelajari. Jika sudah merasa capek, jangan dipaksakan untuk terus belajar, karena itu adalah pertanda saatnya kita beristirahat. Lakukan 7 cara relaksasi ringan untuk menghilangkan rasa capek saat belajar ini. Hanya butuh waktu lima sampai sepuluh menit, setelah itu, kita akan kembali bersemangat belajar.

 

(Baca juga: Relaksasi di Rumah Untuk Kurangi Stres)

 

Menari

Musik memang menjadi penyuntik semangat secara instan. Saat sedang capek, dengerin musik yang kita suka bisa membuat kita kembali bersemangat. Agar lebih semangat lagi dan rasa capek itu hilang, kenapa enggak menari? Eggak perlu malu meski kita enggak bisa menari. Toh kita enggak sedang ikut lomba menari, he-he. Selama lima menit, kita bisa puas-puasin menari, bahkan mencoba gerakan paling aneh sekalipun. Yang penting setelah itu kita merasa segar kembali.

 

Stretching

Cara sederhana untuk mengatasi capek adalah stretching atau peregangan tubuh. Ini berguna untuk merilekskan kembali otot-otot yang tegang selama belajar. Enggak perlu yang rumit, cukup stretching singkat saja. Misalnya berdiri dan emngangkat tangan tinggi-tinggi, lalu membungkuk dan menurunkan tangan serendah mungkin. Bisa juga dnegan menggerakan kedua pundak utnuk mengilangkan rasa pegal di leher.

 

Hela Napas Panjang

Bernapas yang panjang dan dalam bisa membantu tubuh kembali merasa rileks. serta membuat otot enggak merasa tegang. Cara bernapas yang bisa kita lakukan adalah menarik napas panjang dengan tenang, lalu menghembuskannya eprlahan-lahan. Ulangi hal ini 10-15 kali atau sampai kita merasa santai dan siap untuk kembali nelajar.

 

(Baca juga: Hal Kecil Yang Bisa Bikin Bahagia Secara Instan Saat Stres)

 

Pijatan Ringan

Pijatan ringan di beberapa bagian tubuh bisa membuat otot yang tegang menjadi rileks. Enggak perlu bantuan orang lain, kita bisa kok memijat diri sendiri. Bagian tubuh yang sebaiknya dipijat yaitu leher, pundak, kening, telapak tangan, dan jari.

 

Alihkan Pandangan

Karena selama berjam-jam kita hanya melihat buku atau layar komputer, mata pun jadi lelah. Atasi hal ini dengan mengalihkan pandangan dengan melihat hal lain. Usahakan yang berwarna dan alami. Misalnya, memandang kebun atau langit lewat jendela. usahakan untuk melihat yang berwarna hijau, seperti dedaunan di pekarangan rumah.

 

Berbaring

Berbaring juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan rasa capek. Temukan tempat yang nyaman untuk berbaring. Misalnya di kasur atau di karpet. Ketika berbaring, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Selain itu, usahakan untuk enggak memikirkan apapun selama berbaring ini. Ketika sudah merasa santai kembali, baru deh kita lanjut belajar.

 

(Baca juga: Tips Anti Malas Saat Tertekan Atau Stres di Sekolah)

 

Percikan Air Dingin

Air dingin memang bermanfaat dalam menghilangkan kantuk dan membuat ktia kembali bersemangat. Percikkan air dingin di wajah, belakang daun telinga, dan pergelangan tangan. Di bagian belakang telinga dan pergelangan tangan terdapat arteri utama sehingga dengan mendinginkan bagian ini sudah membantu mendinginkan seluruh tubuh.

 

(Foto: soompi.com)

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v