TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

7 Perabotan di Rumah Yang Membuat Kita Merasa Lelah (Bagian 1)

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Jumat, 2 Oktober 2015

7 Perabotan di Rumah Yang Membuat Kita Merasa Lelah (Bagian 1)

Tanpa kita sadari, dekorasi sampai perabot rumah bisa saja menurunkan mood, membuat pikiran sulit tenang, malah sampai mengakibatkan tidur enggak nyenyak. Ini dia 7 perabotan di rumah yang membuat kita merasa lelah.

 

(Baca juga: Selidiki Penyebab Cepat Lelah)

 

Tumpukan barang atau perabot

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Princeton University Neuroscience Institute menemukan, saat kitaa melihat barang yang menumpuk dan enggak terorganisir dengan baik, maka secara mental, kita akan mengeluarkan banyak energi.

 

Ini akan membuat pikiran menjadi mudah lelah, sehingga memicu stres, dan mengurangi mood kalau dibiarkan berlarut-larut. Jadi, menyediakan lebih banyak ruang di rumah dengan barang yang tertata rapi bisa membantu meningkatkan kesehatan mental kita, yang nantinya juga akan menunjang kesehatan tubuh.

 

(Baca juga: Kenapa Tubuh Kita Merasa Capek Padahal Tidur Cukup)

 

Layar TV

Termasuk layar tablet atau laptop. Kalau pengen bisa beristirahat penuh di rumah, hindari untuk menonton TV dan bermain gadget menjelang jam tidur. Layar elektronik memancarkan gelombang biru yang bisa menekan produksi melatonin pada otak.

 

Melatonin sendiri ialah senyawa otak yang membantu kita untuk merasa tenang dan akhirnya mengantuk. Karena produksinya berkurang, maka jam tidur kita bisa terganggu, tidur menjadi kurang nyenyak, bahkan memicu terjadinya insomnia. Sehingga membuat kita merasa lelah di hari berikutnya karena kurang istirahat.

 

(Baca juga: Jam 9 Malam Saatnya Matikan Handphone)

 

Mesin pembuat kopi       

Mesin pembuat kopi memudahkan kita untuk membuat kopi. Hasilnya, minum kopi di rumah bisa menjadi semakin sering. Kafein memang bisa menstimulasi tubuh untuk meningkatkan energi, membuat kita "melek" di jam tidur, walau sebenarnya tubuh tetap saja sudah kelelahan.

 

Efek jangka panjang bila sering mengganti jam tidur dengan kopi, mungkin bisa lebih buruk ketimbang tubuh yang sering merasa lelah tanpa sebab. Kecuali tubuh memiliki daya metabolisme yang sangat baik, kafein bisa saja membuat kita merasa rileks dan mengantuk.

 

(Baca juga: 7 Perabotan di Rumah Yang Membuat Kita Merasa Lelah, Bagian 2)

 

(ayunda/nationalgeographic.co.id, foto: giphy.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×