TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Alasan Kenapa Cowok Sulit Mendengarkan Ketika Cewek Ngomong

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 28 September 2015

Alasan Kenapa Cowok Sulit Mendengarkan Ketika Cewek Ngomong

Sering kesal karena merasa enggak diperhartiin sama cowok ketika ngomong? Banyak pakar atau ahli yang mencoba mencari tahu jawaban dari masalah ini. Dan ini dia alasan kenapa cowok sulit mendengarkan ketika cewek ngomong.

 

(Baca juga: Suara Cowok Berubah di Depan Cewek yang Disukainya)

 

Suara cewek itu kompleks

Dalam jurnal Neuroimage edisi September 2005, para peneliti ilmu psikiater di University of Sheffield melaporkan kalau suara cowok dan cewek mengaktifkan wilayah yang berbeda pada otak cowok.

 

Pada cowok, suara cewek merangsang area otak yang digunakan untuk memproses suara-suara kompleks, misalnya musik. Di sisi lain, suara cowok mengaktifkan wilayah otak yang digunakan untuk menghasilkan gambaran. Dengan ini dapat diartikan bahwa setidaknya bagi cowok, suara cewek lebih kompleks dan sulit untuk didengar dan dimengerti.

 

(Baca juga: Perbedaan Otak Cowok dan Cewek)

 

Perbedaan cara kerja otak cowok

Penelitian lain dalam jurnal Radiology yang dilakukan oleh peneliti di University of Indiana, menunjukkan kalau cowok dan cewek punya cara yang berbeda dalam mendengar. Peneliti meminta masing-masing dua puluh orang cowok dan cewek untuk menengarkan kalimat sebuah novel. Ketika mendengarkan kalimat, mereka menjalani pencitraan resonansi magnetik (MRI) fungsional otak.

 

Hasilnya adalah sebagian besar cowok menunjukkan aktivitas hanya pada otak sebelah kiri dan sebagian besar cewek menunjukkan aktivitas pada kedua sisi otak, baik kiri maupun kanan.

 

Meski demikian, masih perlu banyak penelitian atau riset yang harus dilakukan untuk menemukan jawaban dari masalah ini. Paling tidak, sekarang kita sudah mengetahui sedikit alasan mengapa cowok sulit mendengarkan ketika cewek ngomong.

 

(Baca juga: 7 Hal yang Diam-diam Diperhatikan Cowok Dari Cewek)

 

(monalisa/intisari-online.com, foto: tumblr.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×