Grid Networks | Kamis, 19 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Curhat Afi Nihaya, Cewek yang Tulisannya Facebook Jadi Viral dan Menginspirasi Banyak Orang. Keren!

Reporter : Debora Gracia
Editor : Debora Gracia

Afi Nihaya, menulis karena itu adalah passion-nya. (foto: instagram.com/afi.nihayafaradisa)

“Aku enggak merasa diriku sebagai seorang penulis yang hebat meski katanya tulisanku viral. Aku hanya cewek biasa yang suka menulis di Facebook.”

Afi Nihaya, cewek kelahiran 23 Juli 1998, yang namanya menjadi beberapa waktu terakhir menjadi viral karena tulisannya di Facebook berjudul Warisan. Tulisan Afi yang mengangkat isu ras dan agama menjadi cukup sensitif untuk beberapa pihak, sehingga akun Facebooknya sempat ditangguhkan dan enggak bisa diakses. Beruntung Afi bisa mengembalikan akun Facebook miliknya dan akan kembali berkarya lewat tulisan.

Kumpulan tulisan Afi Nihaya yang menginspirasi, klik di sini.

“Sebenarnya tulisan Warisan itu diangkat dari hal apa yang aku lihat lagi marak-maraknya di Indonesia. Di mana begitu banyak konflik terjadi karena isu agama dan ras.

Dalam tulisanku, aku berusaha sangat netral, enggak berpihak kepada siapa pun, karena menurutku toleransi di Indonesia itu perlu.

Tapi meski sudah berusaha netral tetap ada yang enggak suka dengan tulisanku. Aku rasa itu konsekuensi yang harus aku terima,” cerita Afi kepada Cewekbanget.ID.

Jauh sebelum tulisan Warisan milik Afi menjadi viral, dia sudah sering menulis banyak hal, yang seringnya ia mendapat inspirasi dari kejadian sehari-hari yang ditemuinya. Salah satu tulisannya sewaktu ia puasa bermain media sosial menjadi satu cara refleksi diri juga di mana mungkin saat ini kita terlalu sibuk dengan dunia maya sehingga lupa menikmati dunia nyata.

“Dulu sewaktu SD, aku suka menulis puisi dan diary. Buatku, passion-ku adalah menulis. Beranjak SMA, aku merasa perlu menulis tentang self help, tentang pemulihan jiwa.

Semua tulisanku adalah representasi dari apa yang aku lihat di sekelilingku. Tentang pendidikan, hubungan orang tua dan anak, hubungan guru dan murid, tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan, awalnya dari situ.

Tulisanku yang Warisan, sesederhana karena aku ingin pembaca bisa menyikapi keragaman di Indonesia secara positif.

Juga aku menulis lewat media Facebook karena aku pengin orang-orang yang ingin membaca jadi lebih mudah,” cerita cewek yang pengin kuliah di jurusan Psikologi ini.

Lihat halaman berikutnya ya untuk curhatan Afi lainnya!

Reporter : Debora Gracia
Editor : Debora Gracia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×