TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Curhat Cewek yang Pernah Mencoba untuk Bunuh Diri Saat SMA Karena Depresi

  • Intan Aprilia
  • Posted on : Rabu, 22 Maret 2017

Percobaan bunuh diri

Proses recovery

Ibu tiriku lah yang membantu proses kesembuhanku. Dia sabar, baik, dan tulus banget menemaniku setiap hari. Aku malah jadi lebih dekat dengan ibu tiri dibanding ibu kandungku. Aku juga berlibur selama 3 bulan untuk kembali mencerahkan pikiran. Di saat itu aku jadi bisa tahu, mana orang yang benar-benar peduli sama aku dan mana yang enggak.

Baca juga: Kenapa Malam Hari Jadi Waktu Terbanyak Untuk Kasus Bunuh Diri?

 

Rasa pengin mengakhiri hidup pernah muncul lagi

Setelah aku bekerja, aku pernah di-bully secara emosional dan verbal oleh mantan bosku. Aku enggak dihargai, dikasih pekerjaan banyak banget yang mustahil dikerjakan seorang diri, aku dibentak-bentak di depan banyak orang, dan selalu dianggap enggak becus. Aku sangat terpuruk dan menangis hampir setiap hari. Aku merasa enggak berguna. Di situ, dorongan untuk mengakhiri hidup kembali lagi. Untungnya di situ aku mengambil keputusan tepat untuk menghubungi temanku dan menceritakan masalah ini padanya. Akhirnya, aku pun keluar dari pekerjaan itu.

 

Berusaha terus bersyukur dan carilah bantuan

Percobaan bunuh diri

Saat ini aku cukup bahagia dengan hidupku. Hubunganku dan ibu kandungku masih renggang dan canggung, tapi untungnnya hubunganku dengan ayah semakin membaik. Aku juga punya pekerjaan yang aku cintai dan pacar yang perhatian. 

Untuk mencegah pikiran gelap datang lagi, aku selalu berusaha terus bersyukur. Mulailah untuk bersyukur dengan hal-hal kecil, misalnya kita yang masih bangun di pagi hari dan bisa mendengarkan musik favorit. Carilah sesuatu yang benar-benar kita sukai, jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang bukan kita banget, karena cuma bakal bikin tersiksa.

Salah satu hal yang aku sesali saat melakukan percobaan bunuh diri adalah enggak meminta bantuan. Padahal, hal itu bisa dicegah kalau aku punya orang yang tepat untuk bercerita. Ketika kita mulai depresi dan pengin menyerah menjalani hidup, kita bisa mencari dukungan di komunitas Into The Light di Twitter mereka @intothelightid, Facebook mereka di sini, atau email ke intothelight.email@gmail.com. Komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bunuh diri. Di sini kita bisa saling mendukung dan bertukar cerita dengan banyak orang yang pernah atau sedang memiliki pengalaman serupa.

Bagi yang pernah punya pikiran untuk mengakhiri nyawa, kita hidup karena suatu tujuan dan bunuh diri bukanlah sebuah jawaban atas rasa sakit yang kita rasakan. Orang-orang enggak akan tahu kalau kita sedang depresi kalau enggak memberi tahu mereka, ceritakanlah masalah kita pada orang yang dipercaya. Enggak perlu malu atau sungkan untuk minta bantuan atau sekedar pengin bercerita. Selalu ingat kalau kita enggak sendirian, selalu ada orang-orang baik yang bisa membantu.

 

*Ini adalah kisah nyata yang dituturkan oleh Indri (bukan nama sebenarnya) kepada tim cewekbanget.id. Punya kisah perjuangan kamu sendiri? Kirim ringkasan pengalaman dan data diri ke email cewekbanget.id@gramedia-majalah.com.

 

Baca juga: Remaja Cewek Usia 16 Tahun Ini Di-Bully Karena Punya 500 Tanda Lahir, Kisahnya Bikin Kita Terharu!

Baca juga: Mitos Salah Soal Bunuh Diri yang Harus Kita Pahami

1 2

Penulis :

  • Intan Aprilia

  • "The chaos in your head does not make you weak." - @sonaksha. An INFJ. Creative writer for Cewekbanget.id.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v