TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Dalam Sehari, Ada Masanya Kita Merasa Enggak Bahagia dan Itu Wajar Kok

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Senin, 20 Maret 2017

foto: soompi.com

Pahami Penyebabnya

Ada banyak hal sederhana yang enggak kita sadari ternyata malah bisa membuat kita enggak bahagia. Misalnya cuaca, terlalu banyak pikiran, pekerjaan menumpuk, mengkhayal, kurang tidur, dan lainnya. Ini mungkin kedengaran sepele, tapi bisa mendatangkan perasaan enggak bahagia. Beberapa penelitian menunjukkan hal ini.

 

Matthew Keller, seorang peneliti menemukan bahwa di musim semi, mood seseorang meningkat dan suka melakukan kegiatan di luar ruangan. Mereka cenderung lebih mudah menyelesaikan masalah di musim semi. Sehingga, dikenal adanya Seasonal Affective Disorder, ketika kita merasa kurang bahagia di musim dingin. Hal ini berkaitan dengan jumlah waktu tidur, selera makan dan motivasi dalam melakukan sesuatu karena cuaca buruk biasanya sering membuat seseorang jadi suka bermalas-malasan.

 

Penyebab lainnya misalnya pikiran yang suka berkelana dan memikirkan banyak hal. Menurut peneliti Matthew Killingsworth dan Daniel Gilbert, dari 2250 volunteer yang diteliti, mereka menemukan bahwa sebanyak 46.9% waktu dalam sehari dihabiskan untuk melamun. Padahal kebahagiaan bisa kita dapatkan ketika sedang fokus pada sesuatu. Peneliti yang sama juga dilakukan oleh psikolog dari Harvard. Kalau seseorang melamun pada pukul sepuluh pagi, maka 15 menit kemudian dia akan merasa kurang bahagia dibanding saat sebelum melamun. “Sejak jaman dulu kita sering mendengar bahwa kebahagiaan akan datang ketika kita benar-benar menikmati momen yang sedang dilalui. Karena itu, pikiran yang suka melamun merupakan pikiran yang enggak bahagia,” ujar Matther Killingsworth.

 

Hal lain seperti kurangnya jam tidur dan makan yang enggak teratur juga bisa menimbulkan perasaan bahagia. Dengan mengetahui apa yang membuat kita enggak bahagia, kita bisa mencari penyelesaiannya.

 

“Aku suka gloomy kalau lagi mendung dan hujan. Daripada jadi bad mood, aku suka dengerin lagu yang aku suka buat penyemangat. Jadi bisa bikin bahagia lagi.” (Yessi, 18 tahun, Jakarta).

 

Dan yang pasti, berusaha untuk menikmati momen yang sedang kita lewati, karena ini cara paling sederhana yang bisa bikin kita bahagia.

1 2

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×