Grid Networks | Kamis, 23 November 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Hati-Hati! Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita Kalau Enggak Sengaja Makan Kecoa

  • Kamis, 12 Januari 2017 13:55 WIB

Hati-Hati! Ini yang Akan Terjadi Sama Tubuh Kita Kalau Makan Kecoa | Tumblr

Hewan yang satu ini termasuk pemakan segala, mulai dari makanan busuk sampai aneka macam sampah. Kecoa juga hidup di lingkungan yang enggak sehat dan kotor. Karenanya, banyak bakteri yang menempel bahkan masuk ke dalam tubuh kecoa, dua yang paling berbahaya adalah Salmonella dan Pseudomonas aeruginosa. Kalau sampai kecoa termakan sama kita, ada kemungkinan kedua bakteri ini juga ikut masuk ke dalam tubuh dan efeknya cukup menakutkan. Cari tau yuk selengkapnya dalam artikel Hati-Hati! Ini yang Terjadi Sama Tubuh Kita Kalau Makan Kecoa di bawah ini.

 

Baca juga: Suka Mengalami Keringat Berlebih? Bisa jadi Kita Punya 7 Masalah Kesehatan Ini

 

Gejala ringan yang timbul

Makanan atau alat makan yang tercemar sama kecoa, bisa menimbulkan resiko infeksi saluran pencernaan. Seperti yang kita ketahui, kecoa hidup di tempat yang kotor, kayak selokan dan tempat sampah. Hal ini membuat badan serta kaki kecoa ditempeli kuman penyebab penyakit. Beberapa gejala yang akan timbul ketika kita enggak sengaja makan makanan yang sudah tercemari kecoa adalah diare, sakit perut, serta muntah-muntah.

 

Menyebabkan infeksi saluran kemih, pneumonia, dan bakteriemia

Sebuah studi menemukan, bakteri Pseudomonas aeruginosa dapat berkembangbiak secara cepat pada usus kecoa. Selain terdapat pada usus kecoa, bakteri ini juga ikut keluar dari air liur kecoa ketika ia makan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa penyakit menghinggapi tubuh kita, yaitu infeksi saluran kemih, pneumonia, dan bakteriemia. Gejala yang timbul ketika kita terkena bakteri ini adalah demam, menggigil, sesak nafas, sampai batuk berdahak.

 

Baca juga: Mitos Tentang Kecantikan dan Kesehatan Cewek yang Enggak Benar

 

Bahaya yang datang dari bakteri Salmonella

Yap, kecoa memang sarang penyakit, karena hewan ini memakan apapun yang ada di sekitarnya. Kecoa juga merupakan hewan yang banyak ditempeli bakteri Salmonella. Bakteri yang satu ini bisa berbahaya buat saluran pencernaan dan aliran darah kita. Biasanya bakteri ini mengakibatkan diare berdarah, kram perut, dan demam. Ketika Salmonella menyebar dalam aliran darah, beberapa sistem organ kita juga akan ikut terpengaruhi dan kita akan terkena tifus.

 

Baca juga: 5 Makanan yang Merusak Kesehatan Kulit

 

Enggak berbahaya kalau dimasak dengan betul terlebih dulu

kecoa
Foto: Stanford University

Meskipun kecoa mentah sangat berbahaya untuk dimakan, ternyata kecoa aman dimakan ketika sudah dimasak dengan cara yang tepat. Kecoa memiliki kandungan protein yang cukup tinggi jika disandingkan dengan daging dan sumber protein lainnya. Meskipun mengandung banyak bakteri, ketika sudah digoreng dengan kering, bakteri-bakteri ini akan mati dengan sendirinya. Kita bisa menemukan kudapan kecoa ini, ketika berjalan-jalan ke Thailand.

 

Sumber: hellosehat.com, healthclover.com, sehatfresh.com, kerjanya.net

Reporter : Lana Syahbani
Editor : Lana Syahbani

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×