Grid.ID Networks | Selasa, 17 Oktober 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Vagina. Harus Tahu!

  • Jumat, 13 Oktober 2017 19:15 WIB

Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Vagina Sensitif Kita

Dari seluruh bagian tubuh yang kita miliki, vagina termasuk bagian yang paling sensitif di antara yang lain. Terkadang kita lupa buat menjaga kebersihan organ tubuh yang satu ini. Meskipun begitu, sebenarnya vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan diri. Tanpa membersihkannya dengan air ataupun sabun, ada bakteri baik yang menjaga kebersihan vagina. Buat menjaga kesehatan dan kebersihan vagina kita, ini yang harus kita lakukan.

Pilih celana dalam yang tepat

Celana dalam yang menyerap keringat adalah pilihan terbaik. Untuk itu, pilihlah celana dalam berbahan katun. Sirkulasi udara buat vagina kita juga penting, lho. Kalau kekurangan udara, bagian vagina kita bakal gampang lecet. Selain itu, pilih celana dalam yang memang menutupi seluruh bagian vagina kita, bukan model semacam g-string yang bisa bikin vagina kita iritasi.

Berhenti mencuci vagina kita dengan sabun

undefined

Vagina memiliki kemampuan buat membersihkan diri, makanya kita enggak perlu terlalu sering membersihkannya menggunakan sabun. Kalau kita terlalu sering mencuci bagian vagina, kita bisa mengalami yang namanya keputihan. Cukup mencuci bagian vulva dan melap vagina sehabis buang air kecil, kita sudah melakukan hal yang tepat untuk menjaga kebersihan vagina kita.

(Baca juga: Cara Mencegah Bau Tidak Sedap di Vagina)

Hindari menyemprot vagina dengan air ketika menstruasi

Kesehatan vagina bergantung pada bakteri yang ada di dalamnya. Mencuci vagina dengan cairan bisa mengganggu keberadaan bakteri lactobacilli yang tetap menjaga vagina kita tetap sehat. Bakteri lactobacilli ini bisa hilang dan tergantikan dengan bakteri enggak sehat  kalau kita menyemprot vagina dengan air. Kita juga mesti menghindari menyemprot vagina ketika menstruasi. Meskipun kita bisa merasa bersih dengan melakukan hal ini, sebetulnya saat menstruasi vagina kita tetap bisa menjaga kebersihannya sendiri.

Pakai tisu toilet tanpa pengharum

undefined

Kulit dari vulva sangat sensitif, jika sebuah produk bisa membuat mata pedih, maka jangan memakainya di daerah vulva ataupun vagina. Jadi, gunakan tisu toilet normal untuk membersihkan vagina dan vulva kita. Hal yang sama juga berlaku ketika mencuci celana dalam. Pastikan celana dalam kita benar-benar bersih dari deterjen dan pewangi sebelum kita memakainya. Hal ini akan berpengaruh pada vagina kita yang sensitif.

Hindari memakai celana ketat

Kalau vagina kita terlampau sensitif, kita mesti menghindari pemakaian celana ketat. Vagina kita juga perlu udara! Celana ketat bisa membuat iritasi untuk vagina yang sensitif. Jadi, hindari skinny jeans atau legging yang bikin susah bergerak. Kita boleh memakainya sekali-kali, tapi jangan padukan dengan thong, ya.

(Baca juga: Buat yang Pengin Mencukur Rambut Vagina, Perhatikan 7 Hal Penting Ini!)

Reporter : Lana Syahbani
Editor : Lana Syahbani

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×