TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Ini Alasan Tulisan dan Tanda Tangan Kita Enggak Mungkin Dipalsukan

  • Natasha Erika
  • Posted on : Selasa, 9 Februari 2016

Tulisan dan tanda tangan kita enggak bakal bisa ditiru orang lain.

Sadarkah kita bahwa saat ini enggak ada seorang pun yang memiliki bentuk tulisan tangan sama persis satu sama lain? Bahkan, jika kita memiliki saudara kembar identik dan diminta menulis, pasti hasil tulisan tangan kita dan sang kembaran berbeda. Mengapa demikian?

 

Padahal, sewaktu kecil dulu kita semua belajar menulis dengan cara yang sama, belajar meniru bentuk abjad yang sama, dan merangkai huruf per huruf hingga menjadi satu kesatuan kalimat. Ini dia alasan tulisan dan tanda tangan kita enggak mungkin dipalsukan.

 

Baca juga: Ini Alasan Sains Kenapa Cinta Bisa Bikin Ketagihan

 

Melibatkan 5 tingkatan otak

Uniknya, dengan cara seperti apa pun, upaya untuk meniru tulisan tangan orang lain sangat susah untuk dilakukan dan selalu mendatangkan kegagalan. Ternyata, hal itu bisa terjadi karena proses pembuatan tulisan tangan, termasuk juga tanda tangan, melibatkan interaksi bagian-bagian dalam otak manusia.

 

Setiap manusia memiliki bagian otak yang berbeda-beda. Itulah sebabnya tulisan tangan dan juga tanda tangan setiap orang pasti berbeda.

 

Baca juga: Tebak Karakter Cowok Dari Tulisan Tangannya

 

Hasil penelitian bedah prosedur neuropsychological menunjukkan bahwa ternyata proses manusia membuat sebuah tulisan tangan dipengaruhi oleh interaksi lima tingkatan otak, yaitu (1) cerebral cortex; (2) thalamus, hypothalamus, dan limbic system; (3) basal ganglia dan brainstem; (4) cerebellum; dan (5) saraf tulang belakang. Wow!

 

Jika salah satu bagian tersebut terluka, misalnya, karena kecelakaan atau terkena serangan stroke ataupun penyakit yang lain, hal tersebut pasti memengaruhi kendali saraf motorik dan akan mengubah bentuk tulisan tangan yang semula.

 

Jadi alat pengenal identitas

Ternyata, hingga saat ini, masyarakat di seluruh belahan dunia mana pun masih memercayai tulisan tangan dan tanda tangan sebagai salah satu alat validasi identitas yang paling otentik selain sidik jari dan tes DNA.

 

Baca juga: Ungkap Karakter Diri Atau Teman Lewat 3 Pose Selfie Ini!

 

(sumber: deborah dewi/female.kompas.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v