TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Kenali 5 Tanda Kecanduan Shopping!

  • Natalia Simanjuntak
  • Posted on : Jumat, 21 April 2017

foto: eluxemagazine.com

Belanja emang bukan kegiatan yang haram, bahkan kita perlu banget lho sesekali belanja untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita. Meski begitu, kegiatan ini mesti bisa kita kontrol dengan bijaksana. Soalnya kalau kita malah addicted, akibatnya bisa ngerugiin diri sendiri. Kita jadi enggak bisa memilah mana yang sifatnya prioritas dan mana yang bisa kita tunda. Yuk, kenali 5 tanda kecanduan shopping berikut ini.

Baca juga:

7 Quotes dari Seleb Ini Buktiin Kalau Kita Enggak Perlu Khawatir Jomblo di Malam Minggu!

6 Hal Yang Sering Kali Bikin Kita Lama Mulai Mandi Di Pagi Hari

 

Enggak tenang dan gelisah kalau belum beli suatu barang yang barusan kita lihat di katalog atau situs e-commerce.

Bukan cuma kepikiran, tapi bahkan sampai enggak bisa tidur karena terus terbayang tas cantik keluaran baru dari brand ternama. Makanya dari tadi kita cuma bisa gonta-ganti gaya tidur aja. Ugh, rasanya pengin banget esok hari cepat dateng supaya kita bisa balik lagi ke mall dan bawa pulang tas itu!

Kenali 5 Tanda Kecanduan Shopping!
foto: comedyflavors.com

Merasa lega kalau udah dapetin barang yang kita mau.

Kalau tadinya kita sampai insomnia karena barang yang kita mau belum ada di tangan, sekarang kita udah bisa bernapas lega dan senyum lebar nih. Tapi kebahagiaan ini cuman sementara soalnya besok-besok pasti ada barang lain yang kita pengin dan ujung-ujungnya siklus ini akan terus berputar.

 

Ngerasain seneng yang berlebihan saat nemu produk baru yang kita anggap lucu atau saat liat diskon.

Saking bahagianya, kita jadi kalap pas masukkin barang-barang tersebut ke troli. Kalau bisa, kita malah nyimpen stok yang banyak deh. Mumpung lagi murah! Tapi abis beli semua itu dan balik ke rumah, baru deh kita mulai ngerasa nyesel karena terlalu impulsif saat belanja.

Kenali 5 Tanda Kecanduan Shopping!
foto: sky.com

Ada penyangkalan kalau kita enggak kecanduan dan ngeyakinin diri sendiri kalau semua orang ngelakuin hal yang sama.

“Ah, enggak kok, gue enggak boros. Bulan depan kan dapet uang lagi dari Papa Mama, baru deh gue nabung. Buat kali ini aja deh…”

Padahal dengan terus ngebiarin kebiasaan ini berlanjut, kita seperti menanam bom waktu dalam keseharian kita. Pada waktunya nanti, kita bakal nyesel banget pas duit kita habis justru saat kita lagi butuhin sesuatu yang sifatnya penting dan mendesak.

Kenali 5 Tanda Kecanduan Shopping!
foto: perezhilton.com

Orang-orang di sekitar kita mulai komentar.

Bukan cuma orangtua, tapi bahkan sahabat yang selalu mendukung kegiatan kita aja udah mulai complain kalau sekarang kita boros banget. Kalau udah gini, enggak usah menyangkal lagi, dan kita harus segera memperbaiki diri.

 

Baca kisah Karen yang kecanduan belanja dan cara mengatasinya di artikel ini ya.

 

Penulis :

  • Natalia Simanjuntak

  • A sulky writer that often laughs over things only her understand. Rejoicing in hope, patient in tribulation, be constant in prayer.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×