Grid.ID Networks | Kamis, 17 Agustus 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Lagi Enggak Punya Uang Tapi Teman Maunya Ngajak Nongkrong Melulu. Gimana Dong?

Reporter : Muti Siahaan
Editor : Muti Siahaan

Lagi Enggak Punya Uang Tapi Teman Maunya Ngajak Nongkrong Melulu. Gimana Dong?

Uang sering banget jadi masalah buat kita dan bisa bikin hubungan pertemanan jadi enggak enak.  Apalagi kalau uang saku kita memang terbatas tapi teman kita enggak peduli dengan masalah ini. Mau minta sama orang tua juga enggak enak kan? Beberapa teman kita pun pernah mengalami hal-hal seperti ini.

“Aku sering banget diajakin nongkrong sama teman-teman tapi aku lagi enggak punya uang. Waktu itu aku bilang enggak mau, soalnya enggak punya uang. Jadi memang enggak bisa dipaksain ikut.  Saat musim liburan, termasuk sering juga aku diajak. Mungkin sekitar sebulan sekali,deh.”  (Tiffany, 16 tahun)

 

Jangan Memaksakan Diri

Tiap orang punya kondisi keuangan yang berbeda-beda. Ada yang bisa dapat uang saku banyak, ada juga yang enggak atau serba pas. Seenggak enak apa pun kita lebih baik jangan memaksakan diri. Apalagi sampai mengunakan uang diluar uang saku seperti uang untuk buku, uang sekolah atau sampai bohong pada orang tua kita. Lebih baik kita  berkata jujur dan menolak baik-baik ajakan teman kita. Katakan kalau memang uang saku kita terbatas.

 

Jangan Pinjam Duit

Kadang ada teman satu gang yang selalu baik hati menawarkan diri untuk meminjam duit. Hati-hati,girl. Masalah pinjam meminjam duit ini pelik dan bisa membuat hubungan dengan teman enggak baik. Dengan keuangan yang terbatas, kita pasti akan cukup lama mengembalikan uang itu. Belum lagi kalau kita lupa dan teman kita enggak enak nagihnya. Waah ribet banget,deh. Urusan nongkrong adalah kebutuhan ekstra yang enggak penting banget. Jadi hindari sebisa mungkin meminjam uang dari teman

 

“ Aku sering banget diajakin nongkrong tapi aku enggak punya duit. Kalau ada yang ngajak sepulang sekolah aku pulang aja, enggak ikutan mereka nongkrong. Soalnya kalau aku maksain ikut nongkrong nanti ujung-ujungnya pinjam uang mereka. Aku enggak mau pinjem uang orang soalnya takut kelupaan bayar. “ (Mila, 16 tahun)

 

Reporter : Muti Siahaan
Editor : Muti Siahaan

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×