Grid Networks | Jumat, 25 Mei 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Pengin Kuliah di Belanda? Ini 3 Beasiswa yang Bisa Kita Coba

  • Kamis, 2 November 2017 17:00 WIB

Mau kuliah di Belanda?

Bercita-cita pengin kuliah di Belanda, girls? Yup, Belanda memang jadi salah satu negara tujuan untuk kuliah karena sistem pendidikan di sana yang bagus.

Sampai saat ini, Belanda memang sering jadi tujuan pelajar Indonesia untuk kuliah, terlebih karena banyaknya program studi internasional dan banyaknya beasiswa yang tersedia.

Buat yang pengin kuliah di Belanda, ini 5 beasiswa yang bisa kita coba.

(Baca juga: persiapan buat yang pengin kuliah gratis lewat beasiswa)

Beasiswa Studeren in Nederland (StuNed)

Beasiswa ini merupakan bagian dari kesepakatan bilateral pemerintah Belanda dan Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

Kita bisa melamar untuk program pendidikan master (S2), short course, dan tailor made training.

Dikutip dari Neso Indonesia, bidang studi prioritas pada beasiswa ini di antaranya Perdagangan International, Keuangan dan Ekonomi, Transportasi, (Agro)logistik dan Infrastruktur, Keamanan dan Penegakan Hukum, Air, Agro-pangan dan Hortikultura, dan Manajemen Kesehatan.

Untuk beasiswa penuh, pendanaan biasanya mencakup uang kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan internasional dan lokal di Belanda, serta tambahan biaya lain untuk keperluan terkait studi di sana.

(Baca juga: 5 persiapan ini bikin kita gampang mengajukan beasiswa untuk kuliah di luar negeri)

undefined

Orange Tulip Scholarship (OTS)

Untuk beasiswa OTS, kandidat harus melamar langsung ke universitas di Belanda karena pihak universitas yang akan menyeleksi secara langsung.

Namun, tidak semua universitas di Belanda menawarkan beasiswa OTS ini. Kalaupun ada di universitas tujuan, kita harus cermat dalam membaca informasi tentang apa saja yang didanai.

Soalnya, ada beberapa universitas yang menawarkan tanggungan biaya studi hingga 100 persen (biaya penuh). Namun, ada juga yang hanya menawarkan 50 persen pengurangan biaya studi.

Bahkan, ada yang hanya memberikan pendanaan sebanyak 25 persen dari total biaya studi. Tidak menutup kemungkinan juga, yang ditawarkan hanya tanggungan biaya hidup dan visa.

Untuk informasi lengkap mengenai beasiswa ini dan daftar universitas dengan berbagai penawarannya, kita bisa mengunjungi laman ini.

(Baca juga: Ragu buat kuliah ke luar negeri karena enggak jago bahasa Inggris? Coba 3 beasiswa ini)

Holland Scholarship

Holland Scholarship dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin menempuh studi jenjang bachelor atau master di Belanda.

Program ini menawarkan calon mahasiswa dengan nilai bantuan mencapai 5.000 euro pada tahun pertama studi. Namun harap diingat bahwa beasiswa ini hanya untuk calon mahasiswa yang belum pernah menempuh studi di Belanda sebelumnya.

(Baca juga: 5 beasiswa S1 di Korea untuk mahasiswa Indonesia)

Untuk informasi lebih lengkap tentang beasiswa studi ke Belanda kita bisa mengunjungi laman nesoindonesia.or.id/dpd2017.

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengin kuliah di 'negeri dongeng' Belanda? Simak pilihan beasiswa ini."

Reporter : Administrator
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×