TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Ternyata, 10 Penyakit ini Bisa Dideteksi Lewat Bau Mulut!

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Senin, 20 Maret 2017

hellosehat.com

Ternyata, 10 Penyakit ini Bisa Dideteksi Lewat Bau Mulut!

6. Gagal ginjal

Telah ditemukan bahwa bau mulut dapat mengenali kemungkinan gagal ginjal. Peneliti berspekulasi bahwa ini mungkin terjadi karena perubahan metabolisme yang dapat menyebabkan mulut kering, kurangnya air liur, dan menurunnya indra pengecap. Seluruh kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap halitosis karena air liur gagal untuk membersihkan mulut.

 

7. Candida albicans

Kasus lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah Candida albicans. Jamur ini telah terbukti menjadi masalah umum bagi mereka yang memiliki tindikan di lidah. Masalah ini juga telah diidentifikasi pada pemakai gigi palsu atau pemakai kawat gigi lho, girls! Harus lebih hati-hati!

 

8. Refluks asam lambung kronis

Menderita refluks asam lambung kronis sudah cukup buruk. Bagi mereka yang mengidap penyakit tersebut, menjaga mulut tetap bersih adalah hal yang sangat pening. Sebuah ulasan dari beberapa studi mengenai penderita GERD (Gastroesophogeal Reflux Disease) menemukan bahwa halitosis sering kali mengganggu pasien GERD. Naiknya asam dan bahan-bahan lain yang sebagian telah dicerna ke dalam esofagus dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut dan menyulitkan untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

 

9. Helicobacter pylori

Infeksi H.pylori, biasanya berkaitan dengan maag dan masalah saluran pencernaan lainnya, memiliki kemungkinan munculnya halitosis pada penderita. Sebuah studi menemukan bahwa penderita gangguan pencernaan mengidap halitosis dan infeksi H.pylori. Untungnya, ketika para penderita dapat mengatasi infeksi tersebut, halitosis akan menghilang.

 

10. Sindrom Sjögren

Terkadang, mulut kering disebabkan oleh gangguan autoimun (tubuh menyerang diri sendiri). Satu kondisi medis yang dikenal sebagai sindrom Sjögren berlangsung ketika tubuh menyerang dan menghambat kelenjar eksokrin (seperti kelenjar air liur) dari menjalankan fungsinya. Masalah seperti ini menyebabkan mulut kering dan juga masalah lainnya yang berkaitan.

Menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk mengurangi bau mulut, lho! Jadi, pastikan unuk menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi secara teratur. Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak, dan jangan lupa juga sikat lidah kalian ya, girls!

 

Baca juga: 7 Hal Mengejutkan yang Bisa Bikin Daya Tahan Tubuh Kita Melemah

1 2

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×