TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Tipe dan Gaya Pacaran Dipengaruhi Hormon (Bagian 1)

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 13 Oktober 2014

Tipe dan Gaya Pacaran Dipengaruhi Hormon (Bagian 1)

Menurut hasil penelitian Dr Helen Fisher, pakar anthropologi biologi Amerika Serikat, gaya pacaran cowok dan cewek dipengaruhi hormone di dalam tubuh. Penelitiannya menunjukkan kalau kebersamaan pasangan sangat dipengaruhi kehadiran chemistry alias zat kimia berupa hormon.

 

Ia menemukan ada empat hormon yang paling dominan dalam otak manusia yaitu dopamin, serotonin, estrogen dan testosteron. Ia juga menemukan keunikan tipe kepribadian berdasarkan hormon yang paling dominan tersebut.

 

(Baca juga:  Mitos Seks yang Dipertanyakan Remaja)

 

Tipe Explorer

Alias si penjelajah. Tipe ini lebih banyak didominasi hormon dopamin yaitu hormon yang berhubungan dengan gairah, mood, stamina, dan konsentrasi. Tak heran tipe explorer biasanya cenderung menyukai hal-hal baru, aktivitas menantang, senang mengambil risiko dan penuh spontanitas dalam menjalani hidup.

 

 

Tipe Builder

Tipe pembangun hubungan ini sangat didominasi hormon serotonin. Seperti kita tahu, hormon serotonin dikenal sebagai hormon penenang. Keberadaan hormon ini, sangat membantu memperbaiki suasana hati dan menahan rasa sakit. Itu sebabnya, tipe builder biasanya terlihat selalu kalem, teliti, setia, dan cenderung hati-hati.

 


(Baca juga: 8 Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Hubungan Seks Sebelum Nikah)

 

Tipe Negotiator

Nah, tipe pendamai ini lebih banyak didominasi oleh hormon estrogen. Memang hormon estrogen lebih dikenal sebagai hormon perempuan. Namun, bukan berarti pria tidak memilikinya, lho (meski kadarnya lebih rendah dari perempuan).

 

Hormon ini tidak hanya berguna untuk sistem reproduksi, tapi juga feminitas seseorang. Tak heran, mereka yang dipengaruhi hormon estrogen akan cenderung imajinatif, intuitif, penyayang dan memiliki kemampuan menyenangkan orang.

 

(Baca juga: Tipe dan Gaya Pacaran Dipengaruhi Hormon Bagian 2)

 

(erma/chicmagz.com, foto: crushable.com)

 

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×