TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Tips Belajar Buat Tipe Mendengar Alias Auditori

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Selasa, 7 April 2015

Tips Belajar Buat Tipe Mendengar Alias Auditori

Lebih cepat mengerti pelajaran dengan mendengarkan materinya? Ini dia tips belajar buat tipe auditori.

 

Tipe belajar jenis ini dengan mudah menyerap pelajaran secara audio (yang didengarkan). Membaca buku teks termasuk menyulitkan untuk kita. Pelajaran lebih masuk kalau didengar, lihat video atau mendiskusikan masalah. Kita juga merasa pelajaran cepat masuk kalau mendengarkan penjelasan guru.

 

(Baca juga: Tips Belajar Efektif)

 

Tips belajar:

 Mendengarkan musik

Saat menghafalkan lebih baik kita mengucapkan dengan keras. Boleh juga sambil mendengarkan musik, sehingga kita mengucapkannya secara berirama seperti bernyanyi.

 

Baca keras-keras

Begitu juga saat membaca buku teks, baca dengan keras-keras sehingga lebih cepat masuk dalam otak. Ulangi baca berkali-kali dengan keras juga.

 

(Baca juga: Tips Memilih Musik Untuk Membantu Belajar)

 

Gunakan singkatan

Karena kita sulit berkonsentrasi dengan buku teks, kita bisa menggunakan sistem jembatan keledai saat menghafal. Gunakan singkatan-singkatan sederhana agar lebih mudah menempel. Contoh: warna pelangi adalah....

 

Belajar bareng

Untuk pelajaran hafalan, bisa juga mengajak teman belajar bareng. Kita bisa bikin semacam diskusi kecil untuk satu topik.

 

(Baca juga: Cara Belajar Efektif Tanpa Stress)

 

Tanya jawab

Model tanya jawab juga sangat membantu belajar. Coba bikin sejumlah pertanyaan dan siapkan juga jawabannya. Lalu minta teman atau orangtua kita mengetes dari pertanyaan yang sudah kita dibuat.

 

Rajin bertanya

Saat belajar di kelas, usahakan kita berpartisipasi dengan rajin bertanya. Dengan demikian pelajaran hari itu cepat menyangkut di otak.

 

 (Baca juga: Tips Belajar Dari Seleb)

 

(muti, foto: giphy.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×