Grid Networks | Senin, 23 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Ubah Mindset Soal ‘White Privilege’ & Cara Tepat Memperlakukan Bule Tanpa Mendiskriminasi Warga Negara Sendiri

  • Senin, 26 Februari 2018 20:47 WIB

Stop merasa inferior! |

Pernah mendengar sebutan ‘begpacker’? Yap, bukan ‘backpacker’, tetapi ‘begpacker’ alias turis asing yang sengaja meminta uang dengan mengamen atau menjadi pengemis untuk membiayai biaya traveling-nya di negara yang dia tuju. Ternyata, kasus ini enggak hanya terjadi di luar negeri saja, tapi juga di Indonesia, lho.

Beritanya pun sudah sampai disiarkan lewat beberapa media. Salah satunya yang belakangan viral adalah nasib 2 turis mancanegara di Jakarta Barat yang kehabisan ongkos kemudian dititip polisi naik truk ke Cirebon. Sebelumnya ada juga berita soal polisi Pekalongan yang patungan untuk membekali 2 turis mancanegara yang kehabisan ongkos.

Bisa dimengerti mengapa pihak kepolisian ingin membantu, tapi bukankah lebih baik kalau turis-turis mancanegara yang traveling ke Indonesia harusnya menyiapkan ongkos yang cukup sehingga enggak kesusahan dan akhirnya meminta bantuan pihak berwajib, atau bahkan sampai mengemis, kan?

Ini lain cerita kalau si turis ternyata mendapat musibah seperti dirampok. Sekalipun begitu, masalah ini juga bisa diatasi dengan cara melaporkan ke kedutaan.

Ironisnya, kita sebagai warga Indonesia yang ingin jalan-jalan ke luar negeri harus melalui proses pembuatan visa yang enggak mudah. Bahkan kita harus menyertakan rekening tabungan sebagai bukti kalau kita bisa membiayai diri sendiri selama jalan-jalan.

Perlakuan istimewa ke turis mancanegara ini enggak berhenti sampai di situ. Beberapa kali juga ditemukan cerita-cerita soal perilaku orang Indonesia yang lebih mengutamakan orang bule ketimbang rekan sebangsanya. Misalnya saja di beberapa restoran atau hotel yang pelayanannya membedakan antara pengunjung domestik dan pengunjung dari mancanegara.

Yap, white privilege alias previlese kulit putih ini memang bukan hal yang asing lagi. Memberi perlakuan baik pada orang bule, ternyata harus timpang dengan diskriminasi terhadap warga negara sendiri.

Yuk, mulai sekarang kita bisa lebih sadar dengan mengubah midset soal perlakuan kita ke turis mancanegara!

(Baca juga: 8 Hal Penting yang Dipakai Sehari-hari ini Ternyata Ditemukan Oleh Perempuan)

Orang bule sama saja dengan orang pada umumnya

Reporter : Indra Pramesti
Editor : Indra Pramesti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×