TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 21 Mei 2015

4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang

Penasaran, kenapa julukan kota apel diberikan pada Kota Malang? Soalnya, Malang memproduksi banyak buah apel. Selain bisa dimakan langsung, apel juga banyak diolah jadi berbagai makanan dan camilan. Ini dia 4 makanan unik berbahan apel Malang.

 

(Baca juga: Manfaat Si Merah Apel Untuk Kecantikan)

 

Keripik apel

Oleh-oleh khas Malang adalah keripik buah-buahan yang banyak dibuat oleh industri rumahan. Salah satu keripik buah ini tentu saja terbuat dari apel Malang. Selain apel sebagai bahan utamanya, buah nangka, mangga, pisang dan salak menjadi varian lainnya.

 

Dodol apel

Selama ini dodol identik dengan kuliner khas Kota Garut. Tapi kalau kita berkunjung ke Malang, kita akan menemukan dodol apel. Bahan utama pembuatan dodol satu biasanya menggunakan apel jenis rome beauty yang terkenal memiliki daging buah yang tebal dengan rasa asam manis. Camilan satu ini termasuk makanan sehat karena diolah tanpa menggunakan bahan kimia seperti pengawet yang bisa mengganggu kesehatan.

 

Cuka apel

Banyak industri rumahan di Kota Malang yang memproduksi cuka apel. Bahan utama pembuatannya sudah pasti buah apel segar yang sudah diekstrak. Khasiat cuka apel adalah untuk terapi obesitas serta mengatasi masalah rambut rontok. Cuka apel mengandung potasium dan berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh metabolisme. Berbagai cara penyajian cuka apel banyak dilakukan masyarakat seperti untuk bahan pendamping salad, acar, hingga penyedap makanan. Bisa juga sebagai bahan campuran dengan air hangat atau dingin untuk sesegera di minum.

 

(Baca juga: Manfaat Cuka Apel Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut)

 

Jenang apel

Cemilan lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Malang adalah jenang apel. Produk ini memang belum setenar kripik, dodol, dan cuka apel. Proses pembuatan cemilan satu ini berasal dari saripati apel. Untuk menambah kombinasi rasa, banyak industri rumahan yang mencampurkan labu ke dalam proses pengolahan untuk menambah rasa manis dan tekstur yang lembut.

 

Kota Malang enggak hanya terkenal karena camilan unik berbahan apel ini tapi juga karena punya beragam objek wisata menarik. Seperti wahana bermain Jatim Park, wisata memetik buah apel dari pohonnya, sampai kecantikan Pulau Sempu. Jadi pengen berlibur bersama keluarga ke Malang? Coba cari promo hotel Malang di Traveloka, deh. Kita bisa mencari hotel yang kira-kira sesuai sama selera dan budget. Proses reservasinya juga gampang, kok! Selamat liburan dan berburu makanan unik berbahan Malang!

 

(Baca juga: Manfaat Cuka Apel Buat Kuku)

 

(ADV, foto: ramadhan.kompas.com, travel.kompas.com, malang.indonetwork.co.id)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×