TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

4 Teori Ilmiah Suara Misterius dari Langit yang Menyerupai Bunyi Trompet Sangkakala

  • Natasha Erika
  • Posted on : Senin, 2 Januari 2017

4 Teori Ilmiah Suara Misterius dari Langit Yang Menyerupai Bunyi Trompet Sangkakala

Suara gemuruh seperti bunyi trompet dari langit telah menghebohkan orang-orang dari berbagai belahan dunia selama hampir 10 tahun terakhir. Sejauh ini sudah lebih dari 150 video suara trompet dari langit diunggah di YouTube. Video tersebut diunggah dari Canada, Ukraina, Belarus, Amerika Serikat, Australia, dan sejumlah negara lain. Sebagian publik menduga kalau suara tersebut adalah bunyi trompet sangkakala kiamat dunia seperti diceritakan dalam kitab suci.

 

Belum ada pakar yang memberikan jawaban substansial mengenai apakah suara misterius dari langit tersebut. Namun, para pakar sains mencoba mengungkapkan sejumlah teori mengenai suara dari langit ini. Berikut 4 teori ilmiah suara misterius dari langit yang menyerupai bunyi trompet sangkakala.

 

Baca juga: Bumi Pernah Kiamat 6 Kali Dalam 450 Tahun?

 

Fenomena alam pada umumnya

Teori ini umumnya menguraikan penyebab-penyebab alami. Mulai dari gempa bumi, ledakan methan, gelombang pasang, dan pergeseran bukit pasir, hingga peralatan komunikasi nirkabel, radiasi elektromagnetik, jalur gas tekanan tinggi, dan teknologi pengontrol pikiran.

 

Walau begitu, ada sebagian orang yang berspekulasi bahwa suara-suara dari langit itu merupakan suara sangkakala dari surga, meteor, alien, dan dengungan ikan midshipman jantan yang sedang birahi.

 

Teori dari NASA

Menurut NASA, suara menyerupai gemuruh trompet itu bisa disamakan dengan musik latar yang biasa kita temukan pada film-film fiksi sains. Tapi, bagaimanapun, suara itu nyata berasal dari bumi.

NASA mengatakan suara itu sebenarnya alamiah dan ada setiap waktu.

 

Namun, banyak dari kita yang enggak sadar, karena volume suaranya tak terlalu besar. Hmm, mungkin sekali waktu kita harus bermeditasi untuk bisa mendengar suara-suara ajaib itu, ya?

 

Teori dari HAARP

Analisis program riset pemerintah AS High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) menyatakan suara itu berasal dari pengaruh lini daya listrik, radiasi elektromagnetik, tekanan tinggi gas, dan jalur komunikasi perangkat nirkabel.

 

Mengutip laporan situs berita Union Tribune San Diego, para ilmuwan mengatakan suara tersebut bisa berasal dari bencana alam seperti gempa bumi, gelombang air pasang, sampai ledakan gas metana.

 

Teori dari Geological Survey

Sementara itu, peneliti dari US Geological Survey, David Hill menuturkan, gempa bumi kecil di bawah permukaan Bumi bisa memancarkan suara yang berasal dari pecahan kerak Bumi. Selain itu, Hill juga berpendapat, suara tersebut bisa saja terpancar dari meteor.

 

Ini dia video yang merekam suara misterius dari langit belum lama ini.

 

 

Baca juga: Apa Sih Itu Indera Ke-Enam dan Apa Aja Jenisnya?

 

(tribunnews.com, tabloid nova, kompas.com, the inquire, foto: space.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×