TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 13 Mei 2015

5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia

Selain jurusan kuliah yang memang sudah populer dan banyak diminati. Tapi, tahu enggak, sih, kalau ada beberapa pekerjaan yang butuh keahlian khusus di Indonesia? Makanya, sebenarnya ada beberapa jurusan kuliah yang seharusnya peminatnya lebih banyak di Indonesia, lho. Soalnya, lulusan di bidang-bidang ini sangat dibutuhkan untuk pembangunan Indonesia. Jadi, apa saja 5 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di Indonesia?

 

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bergaji Besar

 

Ilmu Sejarah

Nilai-nilai hidup suatu bangsa bisa dilihat dari sejarahnya. Dari sejarah, kita juga belajar untuk enggak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu. Makanya, belajar sejarah itu sebenarnya penting. Apalagi Indonesia masih banyak nilai sejarah dan budaya yang belum digali benar. Contohnya, asal usul tarian tradisional atau alat musik tradisional. Karena catatan sejarah masa lalu kurang terekam dan terdokumentasi dengan baik, kita jadi sulit memberikan bukti bahwa benda-benda sejarah itu asli punya Indonesia. Lulusan dari jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan, bukan?

 

Pilihan universitas untuk jurusan Ilmu Sejarah:

- Universitas Gadjah Mada

- Universitas Indonesia

- Universitas Diponegoro

- Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

Teknik Kelautan

Pastinya tahu dong kalau Indonesia itu terkenal sebagai negara maritim? Dengan kekuatan di bidang kelautan, Indonesia masih kurang tenaga kerja yang memang ahli di bidang itu. Banyak potensi kelautan Indonesia yang masih bisa digali dan diolah. Makanya, jurusan kuliah kelautan bisa jadi salah satu jurusan yang wajib diperhitungkan.

 

Pilihan universitas untuk jurusan Teknik Kelautan:

- Universitas Hasanuddin

- Institut Teknologi Bandung

- Institut Teknologi Sepuluh November

 

 

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan kuliah ini mempelajari tentang bagaiman cara menata kota yang efisien dan efektif. Di jurusan ini kita bakal berkenalan dengan dunia analisis, kependudukan, ilmu geografi, geologi dan statistika. Banyak kota dengan tata ruang kota yang masih belum rapi, tentunya lulusan jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan. Fenomena kependudukan di Indonesia cukup menarik untuk dipelajari dan juga dibenahi pastinya.

 

Pilihan universitas untuk jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota:

- Institut Teknologi Bandung

- Universitas Diponegoro

- Universitas Gadjah Mada

- Universitas Brawijaya

- Universitas Sebelas Maret

 

 

Pertanian

Selain disebut sebagai negara maritim, Indonesia juga terkenal dengan sebutan negara agraris. Indonesia punya wilayah pertanian yang luas dan sangat berpotensi. Tapi, ironinya, padi kita masih impor dari negara lain. Kira-kira kenapa fenomena itu bisa terjadi? Nah... Jurusan Pertanian enggak cuma membahas tentang pertanian aja. Tapi, juga mendalami dunia budidaya tanaman, sosial ekonomi, penyakit dan hama tanaman serta sebagainya.

 

Pilihan universitas untuk jursan Pertanian:

- Institut Pertanian Bogor

- Institut Teknologi Bandung

- Universitas Gadjah Mada

- Universitas Indonesia

- Universitas Airlangga

 

 

Kesenian Tradisional

Selain Ilmu Sejarah, jurusan Seni Tradisional juga kurang peminatnya di Indonesia. Padahal. Indonesia punya kesenian yang kaya dan beragam. Kalau jurusan kuliah seni secara umum pasti banyak peminatnya, tapi untuk jurusan ini pasti enggak. Sama seperti belajar sejarah, dengan mempelajari betul seni tradisional negara kita, kita bisa punya pengetahuan luas yang bisa digunakan untuk memperkenalkan, melestarikan dan juga mempertahankan kebudayaan sendiri.

 

Pilihan universitas untuk jurusan Kesenian Tradisional:

- Institut Seni Indonesia Yogyakarta

- Institut Seni Indonesia Denpasar

 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Gampang Dapat Kerja

 

(foto: collegemagazine.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v