TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 Penemuan Benda Bersejarah yang Menghebohkan Dunia Ini Ternyata Cuma Hoax

  • Averina Lita
  • Posted on : Kamis, 23 Februari 2017

5 Penemuan Benda Bersejarah yang Menghebohkan Dunia Ini Ternyata Cuma Hoax. Foto: potus-geeks.livejournal.com

Penemuan barang-barang peninggalan dari zaman dulu selalu berhasil bikin kita di zaman sekarang excited karena nilai sejarah yang tersimpan di dalamnya. Tapi setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, kita cuma bisa gigit jari karena cerita penemuan yang digembar-gemborkan di awal ternyata cuma hasil karangan orang enggak bertanggung jawab. Contohnya kayak 5 penemuan benda bersejarah yang menghebohkan dunia dan ternyata cuma hoax ini.

 

Bak Mandi Pertama

Desember 1917, sebuah artikel berjudul "A Neglected Anniversary" diterbitkan di harian New York Evening Mail, berisi cerita sejarah bathtub yang pertama kali diciptakan tahun 1842 di Cincinnati dan terbuat dari kayu mahagoni. Penemuan ini sempat ditentang sampai akhirnya Presiden Millard Fillmore memasang bathtub di White House delapan tahun setelahnya, membuat penemuan ini bisa diterima secara luas.

 

Penulis artikel, jurnalis senior H. L. Mencken, mengakui kalau artikel itu adalah hoax, karena dia pengin menekankan betapa polosnya publik yang mudah dibohongi. Sayangnya meski udah berulang kali mengakuinya, publik tetap menganggap cerita ini sebagai kebenaran, bahkan sampai sekarang.

 

Mahkota Saitapharnes

Foto: wikipedia
Foto: wikipedia

Pada tahun 1896, Museum Louvre di Paris mengumumkan kalau mereka baru aja membeli mahkota emas peninggalan Raja Saitapharnes dari Scythian yang hidup pada abad 3 SM. Menurut sejarah, Raja Saitapharnes mengepung tentara Yunani dan baru akan memulangkan mereka dengan damai kalau mereka mau kasih hadiah mahal, yaitu sebuah mahkota.

 

Enggak lama setelah dipajang di museum, banyak pakar yang mulai meragukan keaslian mahkota ini. Sampai akhirnya seorang pengrajin emas asal Odessa bernama Israel Rouchomovsky mengakui mahkota itu sebagai karya yang dibuatnya dua tahun sebelumnya. Pihak museum yang enggak percaya begitu aja, menyuruh Rouchomovsky membuat ulang mahkota serupa.

 

Malu karena apa yang mereka percaya sebagai peninggalan sejarah ternyata palsu, mahkota itu langsung disembunyikan di gudang. Tapi kejadian ini malah bikin karya-karya Rouchomovsky jadi terkenal, bahkan dia sempat dianugerahi medali emas oleh Paris Salon of Decorative Arts. Meski palsu, mahkota karyanya juga sempat beberapa kali dipinjam museum negara lain buat ditampilkan dalam pameran mengenang Rouchomovsky.

1 2

Penulis :

  • Averina Lita

  • Freelance writer for cewekbanget.id. An introvert who loves reading, watching, and working in a creative environment.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×