Grid.ID Networks | Jumat, 22 September 2017 | SIGN IN | SIGN UP

5 Seleb Kpop Ini Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual. Gimana Kejadiannya?

  • Kamis, 14 September 2017 05:30 WIB

5 Seleb Kpop Ini Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual. Gimana Kejadiannya? | Cewekbanget.id

Pelecehan seksual adalah segala bentuk kegiatan atau perlakuan seksual tanpa seizin korban. Pelecehan seksual dapat berupa verbal seperti cat calling, non-verbal, juga dalam bentuk fisik seperti sentuhan. Tindakan pelecehan seksual juga kerap kali menjadi skandal besar dalam dunia seleb, enggak terkecuali dunia Kpop.

Baru-baru saja Onew ‘SHINee’ dituduh melakukan tindakan pelecehan seksual kepada seorang cewek. Nah, 5 seleb Kpop ini dituduh melakukan pelecehan seksual. Sebenarnya gimana kerjadiannya? 

(Baca juga: Onew 'SHINee' Dilaporkan Atas Dugaan Pelecehan Seksual, Ini 4 Infonya)

Seleb yang Dituduh Menjadi Pelaku Pelecehan Seksual

Terdapat beberapa seleb Kpop yang dituduh menjadi pelaku pelecehan seksual. Mereka dituntut oleh korban untuk bertanggungjawab atas perbuatannya.

1. Onew ‘SHINee’

undefined

Pada Sabtu, 12 Agustus 2017 kemarin, leader grup SHINee, Onew dilaporkan akibat dugaan pelecehan seksual. Saat itu Onew berada di klub bersama teman-temannya dan dalam kondisi mabuk, sehingga dia enggak sengaja memegang kaki cewek tersebut. Meski Onew dan teman-temannya telah meminta maaf, cewek itu tetap enggak terima dan melaporkan Onew ke polisi. Polisi melakukan investigasi dengan mewawancarai Onew, korban, dan saksi selama sekitar 5 jam. Polisi juga mengumpulkan informasi dari rekaman CCTV di klub.

Agensi Onew, SM Entertainment pun mengeluarkan pernyataan bahwa apa yang dilakukan Onew adalah ketidaksengajaan.

"Onew mengunjungi klub pada 12 Agustus untuk memberikan selamat pada temannya yang memulai debut sebagai seorang DJ. Karena kondisinya yang sedang mabuk, Onew secara tidak sengaja melakukan kontak fisik dengan orang-orang di sekitarnya. Ini menyebabkan kesalahapahaman antara Onew dan individu lain yang kemudian membuatnya dimintai keterangan oleh polisi." Korban pun mencabut tuntutannya, namun polisi masih melakukan proses investigasi terhadap kasus ini.

2. Yoochun ‘JYJ’

undefined

Pada Juni 2016, saat sedang menjalani wajib militer, Yoochun ‘JYJ’ dituntut oleh beberapa cewek atas pelecehan seksual. Agensi Yoochun pun menyangkal tuduhan-tuduhan tersebut. Pada 14 Juli 2016, polisi menyatakan kalau Yoochun enggak bersalah. Kemudian pengacara Yoochun balik menuntut para cewek itu atas pencemaran nama baik dan pemerasan.

3. ZEST

undefined

Boy group yang debut pada 2014 ini dituduh melakukan pemerkosaan pada seorang cewek berusia 20-an. Cewek ini bilang di media sosialnya kalau dua orang member ZEST telah memperkosanya. Namun belakangan diketahui kalau tuduhan ini enggak benar dan enggak terbukti. Akibat skandal ini, ZEST pun jadi enggak aktif lagi karena para membernya mengalami trauma karena tuduhan yang mereka terima.

4. Jisoo ‘Lovelyz’

undefined

Beberapa cewek mengaku kalau mereka pernah terlibat hubungan romantis dengan Jisoo dan Jisoo melakukan pelecehan seksual pada mereka. Agensinya, Woollim Entertainment langsung melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Mereka bertemu dan berdiskusi dengan cewek yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh Jisoo. Akhirnya mereka sampai pada suatu kesepakatan, yakni Woollim enggak akan menuntutnya kalau dia berhenti nge-post tentang Jisoo di media sosial.

5. Iron

undefined

Rapper Iron dipenjara akibat melakukan kekerasan pada pacarnya saat melakukan hubungan seksual. Iron memukul pacarnya saat dia enggak mau menuruti kemauan Iron saat berhubungan seksual. 15 hari setelahnya, dia mencekik pacarnya saat sang pacar pengin putus dengannya. Dia juga memukul pacarnya sampai tubuhnya lebam dan jari kelingkingnya patah.

(Baca juga: 11 Kpop Idol Cowok Ini Berasal dari Tiongkok. Siapa Favoritmu?)

Seleb yang Menjadi Korban Pelecehan Seksual

Enggak hanya dituduh menjadi pelaku pelecehan seksual, juga terdapat Kpop idol yang menjadi korban pelecehan seksual. Kebanyakan dari mereka menerima pelecehan seksual dari agensinya dan pelecehan secara online. Ini seleb-seleb yang menjadi korban pelecehan seksual.

undefined

(Baca juga: G-Dragon Bakal Konser di Indonesia, Ini 3 Info yang Harus Kita Tahu)

Bentuk Pelecehan Seksual

undefined

Menurut United Nations, pelecehan seksual terbagi menjadi tiga jenis, yakni verbal, non-verbal, dan fisik.

1. Pelecehan verbal berupa, memanggil dengan sebutan yang bernada seksual, memanggil dengan bersiul, cat calling, bercanda dengan topik seksual, menanyakan kehidupan seksual, berkomentar seksual tentang cara berpakaian kita, memaksa berpacaran padahal orang tersebut sudah jelas menolak, dan berbohong serta menyebarkan rumor tentang kehidupan seksual seseorang.

2. Pelecehan non-verbal contohnya, melihat seseorang dari ujung kepala sampai ujung kaki, melihat orang terus-terusan sampai merasa enggak nyaman, menguntit, memberikan kado personal dengan harapan mendapat imbalan berupa seks, dan menghadang orang yang sedang berjalan dengan tujuan menggoda.

3. Pelecehan fisik adalah, memijat tubuh kita, menyentuh anggota tubuh, mencium paksa, memeluk paksa, menggesekkan tubuhnya pada tubuh kita, dan berdisi dengan sangat dekat sampai tubuh bersentuhan.

Semua hal ini adalah bentuk pelecehan seksual, apalagi kalau kita sudah merasa enggak nyaman, enggak mengizinkan tindakan-tindakan tersebut, dan sudah jelas-jelas menolak perlakuan si pelaku.

Reporter : Intan Aprilia
Editor : Intan Aprilia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×