Grid Networks | Minggu, 25 Februari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

5 Wisata Unik yang Jadi Incaran Turis Manca Negara. Ada yang Terlihat Mengerikan, Lho!

  • Sabtu, 10 Februari 2018 21:23 WIB

Tertarik untuk mengunjunginya? | (foto: kompas)

Tujuan traveling ke suatu negara adalah mendapatkan suatu hal yang enggak ditemui di negara lain. Mungkin, hal itu juga yang bikin beberapa tempat wisata unik di Indonesia ini menjadi incaran turis dari berbagai negara. Bukan hanya tempat yang indah saja, tapi juga tempat yang terlihatnya menyeramkan, lho! Mau tahu lengkapnya? Yuk, disimak!

Danau Tiga Warna, Gunung Kelimutu

undefined
Danau Tiga Warna

Letaknya di kawah Gunung Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau ini punya keunikan karena warnanya yang bermacam-macam yaitu biru, putih, dan merah. Pada waktu tertentu warna ketiga danau ini pun dapat berubah menjadi hijau, hitam, atau biru. Semua tergantung pada kondisi cuaca dan kandungan airnya.

Masyarakat setempat sangat menghormati Danau Tiga Warna karena percaya kalau tempat ini jadi tempat kembalinya arwah orang yang telah meninggal dunia.

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata Yang Belum Banyak Orang Tahu Menarik Untuk Dikunjungi)

Kuburan Bayi Passiliran

undefined
Kuburan Bayi Passiliran

Letaknya di Tanah Toraja. Pemakaman unik ini ditujukan khusus untuk bayi yang meninggal dunia. Jasad-jasad bayi gigi dikubur di dalam Pohon Tarra, tepatnya di sebuah tempat bernama Kambira.

Alasan jasad dikuburkan di bawah Pohon Tarra karena pohon ini punya banyak getah yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu. Kepercayaan di sana adalah penguburan ini dapat mengembalikan bayi ke dalam rahim ibu untuk dilahirkan kembali.

Pemakaman Trunyan

undefined
Pemakaman Trunyan

Letaknya di Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Pemakaman ini terlihat unik tapi juga tampak sedikit mengerikan. Soalnya, jenazah-jenazah orang yang meninggal dunia bukan dikubur dalam tanah, melainkan diletakkan begitu saja di atas tanah serta ditutupi kain putih.

Hal unik dari pemakaman ini adalah enggak tercium sedikit pun bau busuk akibat jasad tersebut. Alasannya karena ada pohon yang bernama Taru Menyan yang dapat menyerap aroma tidak sedap dari jasad di sana.

(Baca juga: 6 Tempat Wisata di Indonesia yang Sering Dikunjungi Seleb Hollywood)

Kawah Ijen

undefined
Kawah Ijen

Letaknya di Ijen, Banyuwangi. Kawah ini unik banget, yaitu terdapat api biru (blue fire) yang muncul secara alami. Api biru ini bisa dilihat saat dini hari setelah menempuh jalur trekking. Saat trekking ini, pengunjung juga bisa melihat aktivitas para penambang belerang yang berjuang untuk mengangkut belerang berukuran besar dan sangat berat.

Danau Kakaban

undefined

Letaknya di Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Kakaban adalah danau air tawar yang dihuni oleh ubur-ubur tidak beracun. Terbentuk sejak zaman pra-sejarah, danau ini dikelilingi tebing karang yang terjal dan danau ini adalah air laut yang terperangkap sejak 2 juta tahun yang lalu.

Seiring berjalan waktu, air berubah menjadi tawar dan ubur-ubur yang enggak bisa kembali ke laut berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hanya ada dua danau yang dihuni ubur-ubur tak beracun ini, yaitu Kakaban dan danau yang berada di Pulau Eil Malk, Palau.

 

TribunTravel/Rizkianingtyas Tiara

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Pemakaman Trunyan hingga Danau 3 Warna, 5 Wisata Unik Indonesia yang Bikin Turis Manca Penasaran"

Reporter : Administrator
Editor : Debora Gracia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×