TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

6 Negara dengan Waktu Puasa Paling Panjang

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Rabu, 24 Juni 2015

6 Negara dengan Waktu Puasa Paling Panjang

Semua umat Muslim berpuasa mulai dari terbit matahari sampai tenggelam. Karena tinggal di Indonesia, kita menahan lapar dan haus selama sekitar 12 sampai 13 jam di bulan puasa ini. Tapi berbeda dengan negara lain. Malah, ada 6 negara dengan waktu puasa paling panjang. Bahkan ada yang hampir 22 jam!

 

(Baca juga: 10 Mitos Tentang Penyebab Batal Puasa)

 

Situs Huffingtonpost memberitakan kalau perbedaan lamanya waktu puasa ini disebabkan kemiringan Bumi dalam perputarannya atau yang dinamakan dengan rotasi Bumi. Malah, di daerah kutub Utara, Matahari bisa bersinar terus-menerus hampir 24 jam sehingga menyebabkan puasa di wilayah itu jauh lebih lama.

 

Jerman, 18 jam 9 menit

Juni dan Juli adalah puncak musim panas di belahan bumi bagian utara. Sehingga, Muslim di Jerman harus menjalani puasa selama 19 jam. Waktu Subuh Jerman dimulai pukul 03:03 dan Maghrib atau buka puasa baru dilakukan pukul 21:43. Ini karena siang di musim panas ini lebih panjang dari musim-musim yang lain

 

Inggris, 18 jam 59 menit

Puasa 2015 di Inggris ini dinilai 'berbahaya' mengingat waktu puasa yang hampir 19 jam. Dan ada sekitar 325 ribu orang Muslim yang menderita diabetes di antara 2,7 juta Muslim yang hidup di sana. Mereka harus berjuang lama untuk akhirnya bisa berbuka.

 

(Baca juga: 5 Tradisi Puasa Ramadhan di Korea Selatan)

 

Alaska, 19 jam 45 menit

Ada sekitar 3000 orang muslim di Alaska. Kota Alaska di Amerika Serikat ini memiliki waktu puasa selama 19 jam 45 menit.

 

Rusia, 20 jam 49 menit

Umat Muslim di India dan Pakistan akan menjalani puasa 17 jam dan 16,5 jam setiap hari. Di China, puasa berlangsung rata-rata 17 jam 28 menit setiap hari. Sementara itu, mereka yang berada di wilayah Asia Rusia menjalani puasa terpanjang dengan durasi 20 jam 49 menit.

 

Denmark, 21 jam

Kalau kita tinggal di Denmark, siap-siap puasa selama 21 jam. Sementara warga Muslim yang tinggal di negara-negara Eropa utara lainnya, seperti Norwegia, dan Swedia, juga harus menjalankan puasa dengan durasi yang lebih kurang sama dengan Denmark, yaitu rata-rata 20 jam sehari.

 

Islandia, 22 jam

Warga Muslim di Kota Reykjavik, Islandia harus menjalani puasa dengan waktu paling panjang, yaitu 22 jam. Waduh, gimana rasanya, yah?

 

(Baca juga: 10 Quotes Kece Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa)

 

(hani/astri, foto: freelyshout.com, newobserveronline.com, america.aljazeera.com, icelandicroots.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id by day, blogger by night. Email me at astri@gramedia-majalah.com :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v