TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

6 Seleb Cewek Hollywood Buka-bukaan Soal Penyakit Mental dan Cara Mereka Menghadapinya

  • Intan Aprilia
  • Posted on : Selasa, 21 Maret 2017

foto: milenio.com

Penyakit mental adalah sesuatu kondisi mental yang dapat menganggu pikiran dan perilaku, serta menghambat kehidupan sehari-hari kita. Menurut National Alliance on Mental Illness, terdapat beberapa jenis penyakit mental, yakni perilaku hiperaktif, kegelisahan, autisme, bipolar, depresi, gangguan kepribadian, gangguan makan, sulit membedakan kenyataan dan khayalan, OCD, stres akibat kejadian traumatik, halusinasi, dan schizophrenia.

Gangguan mental bisa diderita oleh siapa saja, termasuk para seleb. Selama ini, kita melihat kehidupan seleb yang serba gemerlap, padahal diantara mereka ada yang juga memiliki penyakit mental. Ini lah 6 seleb cewek Hollywood yang buka-bukaan soal penyakit mental dan cara mereka menghadapinya.

Baca juga: 5 Pasang Seleb Hollywood yang Bersahabat di Film Tapi Aslinya Malah Bermusuhan

 

Lady Gaga

penyakit mental seleb
foto: famefocus.com

Lady Gaga pernah mengalami perkosaan saat dia berumur 19 tahun. Sejak saat itu dia menderita post traumatic stress disorder (PTSD) alias depresi akibat kejadian traumatik. “Saat aku mencari cara untuk menyembuhkanku, aku sadar bahwa kebaikan adalah cara terbaik. Kebaikan dari doktor, keluarga, dan teman-temanku lah yang menyelamatkanku. Salah satu cara yang untuk membantu orang yang memiliki trauma adalah memberikannya pikiran-pikiran positif sebanyak mungkin,” jelasnya.

 

Demi Lovato

penyakit mental seleb
foto: purepeople.com

Pada 2011, Demi memasuki rehabilitasi akibat penggunaan obat terlarang dan kebiasaannya untuk melukai diri sendiri. Saat itulah dia didiagnosa memiliki penyakit bipolar. Sejak saat itu Demi menjadi pembicara melalui campain Be Vocal, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perawatan untuk kita yang memiliki penyakit mental. Demi pengin menginspirasi orang-orang yang memiliki penyakit mental agar enggak hidup dalam diam dan berani berbicara. “Aku bipolar dan aku bangga. Hidupku baik-baik saja dan aku pikir itulah tujuan orang yang punya penyakit mental, untuk hidup seperti orang biasa,” cerita Demi saat diundang sebagai bintang tamu di talkshow Ellen DeGeneres.

 

Selena Gomez

penyakit mental seleb
foto: milenio.com

Selena membatalkan jadwal turnya karena harus mengikuti rehabilitasi akibat depresi yang dia alami. “Kepercayaan diriku hilang. Aku depresi, gelisah, dan terkena panic attacks sebelum naik ke panggung dan setelah turun panggung. Aku merasa enggak becus dan enggak memberikan yang terbaik pada fans,” jelas Selena saat diwawancara oleh Vogue. Setelah menjalani perawatan, Selena mengaku dia merasa sangat baik dan akan terus melakukan terapi lima kali dalam seminggu di Los Angeles.

Selena juga mendukung dialectical behaviour therapy (DBT), yakni terapi untuk penyakit mental dengan cara meningkatkan komunikasi, mengatur emosi, dan meningkatkan kemampuan kesadaran otak. “DBT benar-benar mengubah hidupku. Aku berharap orang-orang akan lebih mengetahui tentang terapi. Sebagai cewek kita diajari untuk jadi kuat, seksi, dan keren. Padahal kita juga boleh merasa sedih dan terjatuh,” tutupnya.

 

Klik halaman selanjutnya untuk tahu siapa lagi seleb yang menderita penyakit mental!

Baca juga: Dalam Sehari, Ada Masanya Kita Merasa Enggak Bahagia dan Itu Wajar Kok

Baca juga: Ternyata, 10 Penyakit ini Bisa Dideteksi Lewat Bau Mulut!

1 2

Penulis :

  • Intan Aprilia

  • Harry Potter, BTS, noodles and iced tea. Full time fangirl. Creative writer for Cewekbanget.id.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×