Grid Networks | Jumat, 19 Januari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

8 Grup Kpop yang Membuktikan Kalau Mereka Bisa Sukses Walaupun Berada di Agensi Kecil

  • Sabtu, 13 Januari 2018 08:01 WIB

Foto: twitter.com/bts_twt

Agensi dan seleb Kpop emang enggak bisa terpisahkan. Mereka ada untuk saling mendukung dan memberikan keuntungan bagi satu sama lain.

Terdapat tiga agensi besar di Korea yang sering disebut The Big Three, yakni YG Entertainment, JYP Entertainment, dan SM Entertainment.

Masih banyak juga agensi-agensi kecil yang mungkin jarang kalian dengar namanya seperti WM Entertainment, Banana Culture Entertainment, atau Source Music.

Tapi jangan meremehkan agensi kecil ya! Sebab, mereka dan seleb yang bernaung di dalamnya juga mampu sesukses artis yang berasal dari agensi besar.

Mau bukti? Ini dia 8 grup Kpop yang membuktikan kalau mereka bisa sukses walaupun berada di agensi kecil!

Baca juga: 16 Langkah Tampil Cantik Natural ala Seleb Korea, Jessica Jung

BTS

bts
Foto: jiminbts.com

Sebelum BTS, kita hampir enggak pernah mendengar nama Big Hit Entertainment. Padahal agensi yang berdiri pada 2005 ini juga punya artis selain BTS yakni duo ballad, Homme.

Namun, nama mereka baru benar-benar dikenal akibat kesuksesan BTS.

BTS sudah membuktikan bahwa mereka adalah grup yang bertalenta dengan berbagai penghargaan yang telah mereka raih, salah satunya adalah Artist of The Year 2016 dari Mnet Music Awards.

B1A4

b1a4
Foto: soompi.com

Dengan keseriusan mereka dalam bermusik, B1A4 berhasil menjadi salah satu boyband yang dipertimbangkan di Korea. Grup yang debut pada tahun 2011 ini berasal dari agensi kecil yakni WM Entertainment.

Salah satu rahasia WM Entertainment dalam kesuksesan B1A4 adalah memperlakukan mereka layaknya manusia. Di dalam sebuah interview, salah seorang jajaran direktur di agensi itu mengatakan:

“Agensi kami enggak sebesar The Big Three, kami juga enggak terkenal. Tapi kami percaya diri dan saling mendukung, para anggota B1A4 juga selalu berpikir positif. Kami sering berbicara bersama, oleh sebab itu kami percaya pada kemampuan satu sama lain.” 

Baca juga: Duh! 7 Seleb Kpop Ini Ternyata Pernah Mengalami Kekerasan & Dilecehkan Oleh Agensi Mereka

GFriend

gfriend
Foto: soompi.com

GFriend merupakan girl group pertama yang dibentuk oleh Source Music. Pada interview yang dilakukan oleh helloasia.com, leader GFriend bercerita tentang masa sulit sebelum debut.

“Semuanya sudah training dalam waktu yang lama dan terus bermimpi untuk jadi penyanyi. Kami menghadapi berbagai macam masa sulit sampai debut, tapi walaupun lelah, kami tetap menikmatinya.”

Saat ini, GFriend menjadi salah satu girlband yang diperhitungkan di dunia Kpop!

Baca juga: 5 Geng Seleb Korea Paling Kompak yang Bikin Kita Pengin Ikutan Gabung di Dalamnya

B.A.P

bap
Foto: allkpop.com

B.A.P dan agensi mereka, TS Entertainment pernah mengalami masalah saat B.A.P sedang sukses-suksesnya di tahun 2014.

Di tahun yang sama B.A.P meraih berbagai penghargaan, seperti Best Korean Act dari MTV Europe Music Awards dan Best New Artist di Japan Gold Disc Awards.

Enam anggota B.A.P menuntut TS terhadap kontrak yang enggak adil dan pembayaran yang enggak diberikan sepenuhnya. Namun, pada 2015 mereka akhirnya menyelesaikan permasalahan ini dan kembali berkarya di bawah TS Entertainment.

VIXX

undefined
Foto: dbkpop.com

Bernaung di bawah agensi Jellyfish Entertainment, VIXX terkenal dengan konsepnya yang matang, lirik lagu yang bagus, penampilan panggung super kece, dan dance yang manly.

Salah seorang jurnalis yang datang ke konser mereka juga berkomentar, “VIXX menampilkan live performance yang bisa mematahkan stereotip tentang idol. VIXX sanggup menunjukkan performa seperti di panggung musikal dengan nyanyian dan tarian mereka.” Bangga banget!

Baca juga: 4 Seleb Cowok Korea yang Didaulat Sebagai Seleb Paling Ganteng, Berdasarkan Pilihan Kpop Idol Cewek

Infinite

undefined
Foto: kpopmap.com

Infinite sudah aktif di dunia Kpop kurang lebih 6 tahun lamanya. Infinite merupakan grup yang konsisten dengan musik dan konsepnya.

Mereka juga telah memenangkan banyak awards, salah satunya penghargaan untuk album mereka Infinite Only yang mendapatkan album terbaik dari Golden Disk Awards pada awal tahun 2017.

Walaupun mereka berasal dari agensi yang enggak begitu terkenal, yaitu Woollim Entertainment, Infinite berhasil membuktikan bahwa kepopuleran agensi enggak ada hubungannya dengan prestasi yang bisa mereka capai!

EXID

undefined
Foto: hype.my

Grup asuhan Banana Culture Entertainment ini menjadi girl band yang hot banget dibicarakan sejak lagu mereka Up & Down laris di pasaran.

EXID bahkan memenangkan Artist of the Year pada 2016 di Korea Assembly Grand Award. Keren banget kan mereka?

Baca juga: 8 Seleb Kpop yang Gagal Lolos Audisi Nyanyi di TV, Tapi Direkrut Agensi & Akhirnya Sukses Debut

Girl’s Day

undefined
Girl's Day

Grup beranggotakan empat cewek ini selalu memiliki konsep yang cute dan fun. Walaupun berasal dari agensi kecil, Dream Tea Entertainment, Girl’s Day mampu menunjukkan kekuatan mereka di dunia Kpop.

Mereka bahkan berhasil mendapatkan titel pendatang baru terbaik di Republic of Korea Entertainment Arts Awards.

Makin kagum kan sama mereka dan agensinya?

Baca juga: 8 Pasang Seleb Korea Ini Membuktikan Cewek dan Cowok Bisa Bersahabat

Reporter : Intan Aprilia
Editor : Intan Aprilia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×