TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Alasan Fashion Line Taylor Swift Disensor di Tiongkok

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Rabu, 29 Juli 2015

Alasan Fashion Line Taylor Swift Disensor di Tiongkok

Menjelang konsernya di Tiongkok November mendatang, Taylor Swift akan merilis fashion line-nya pada September 2015, lewat toko online kedua terbesar di sana, JD.com. Tapi ternyata fashion line 1989 ini mengalami hambatan sensor. Ini dia alasan fashion line Taylor Swift disensor di Tiongkok.

 

(Baca juga: Gaya Street Style Terbaik Taylor Swift di New York)

 

Karena singkatan TS

Singkatan "TS" dari nama Taylor Swift dianggap berhubungan dengan peristiwa besar yang sempat terjadi di Tiongkok, yaitu Tiananmen Square. Peristiwa Tiananmen Square adalah sebuah peristiwa kelam. Tianamen Square adalah tempat terjadinya pembantaian tak terlupakan terhadap para mahasiswa yang mengkritik Pemerintah Tiongkok serta mendukung demokrasi politik.

 

Karena tahun 1989

Peristiwa dengan jumlah korban hingga 300 jiwa ini secara tak sengaja juga bertepatan terjadi pada tahun 1989, angka yang sama dengan judul album sekaligus tahun lahir dari Taylor Swift.

 

Walau ada beberapa busana dengan sablon TS 1989 yang disensor, beberapa e-commerce, seperti Taobao.com, ternyata sudah telanjur menjual busana Taylor Swift tersebut. Fashion line Taylor Swift tanpa ininsial TS dan tanpa inisial angka 1989 tampaknya masih terus dijual oleh situs-situs e-commerce di Tiongkok.

 

(Baca juga: Inspirasi Mix And Match Gaya Kaos Ala Taylor Swift)

 

Pengaruhnya terhadap konser

 

Enggak diketahui jelas apakah sensor fashion line Taylor Swift ini akan berpengaruh terhadap konsernya pada November mendatang. Soalnyaa, pemerintah Tiongkok selama ini dikenal cukup sensitif dengan isu-isu politik yang beredar.

 

Contohnya, grup musik Maroon 5 sempat membatalkan konsernya di Tiongkok seusai menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada Dalai Lama, pemimpin Tibet, lewat akun Twitter-nya.

 

(Baca juga: Panduan Fashion Buat Nonton Konser Taylor Swift)

 

(silvita/kompas.com, foto: tumblr.com, telegraph.co.uk)

 

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id by day, blogger by night. Email me at astri@gramedia-majalah.com :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v