Grid Networks | Senin, 21 Mei 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Catat Tanggal Penting Ujian Mandiri dari Setiap Universitas Negeri di Indonesia!

  • Rabu, 21 Februari 2018 10:45 WIB

foto: twitter.com

Beberapa kampus negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) menghapus penerimaan mahasiswa dengan jalur seleksi mandiri lho, girls.

Peraturan ini sudah berlaku sejak 2017 lalu dan diprediksi tahun ini peraturan tersebut akan terus berlanjut. Cewekbanget.id telah merangkum dari berbagai sumber Universitas negeri yang masih membuka jalur seleksi mandiri.

Berikut Universitas negeri yang masih membuka jalur seleksi mandiri dan tanggal pentingnya:

(Baca juga: 11 Seleb Kpop dengan Tubuh Paling Tinggi. Kira-Kira Kita Seberapanya, ya?)

Universitas Indonesia (UI)

Ujian mandiri Universitas Indonesia lebih dikenal dengan SIMAK. Pendaftaran SIMAK akan dibuka pada 1 hingga 27 April 2018. Ujian tulis akan diselenggarakan pada 13 Mei 2018 di berbagai kota di Indonesia

 Biaya pendaftaran SIMAK UI berkisar pada Rp 300.000 untuk masing-masing kelompok. Keterangan lebih lanjut dapat diakses di penerimaan.ui.ac.id.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP masih membuka jalur seleksi mandiri dengan tes tertulis. Pendaftaran mulai dibuka pada 16 Mei hingga 5 Juli 2018. Tes akan dilaksanakan pada 14 Juli 2018.

Terdapat dua bidang yakni SAINTEK (IPA) dan SOSHUM (IPS). Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 (lokal Semarang) dan Rp 375.000 (selain Kota Semarang). Lokasi tes dan informasi lainnya bisa diakses di sini.

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Universitas negeri yang berlokasi di Kota Purwokerto, Jawa Tengah ini menyediakan dua jenis jalur mandiri atau SPMB, yakni SPMB non-tulis dan SPMB ujian tulis. Pendaftaran SPMB non-tulis dibuka pada 25 Juni hingga 6 Juli 2018.

Perlu diketahui bahwa SPMB non-tulis ini menggunakan nilai dari SBMPTN. Jadwal berbeda disediakan untuk SPMB ujian tulis.

Pendaftaran SPMB ujian tulis akan dibuka pada 9 hingga 20 Juli 2018 dan tes akan dilaksanakan pada 24 Juli 2018. Keterangan dan informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.

(Baca juga: 7 Ilustrasi Mengejutkan yang Menggambarkan Kehidupan Cewek Modern)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY menyediakan tiga kelompok ujian: SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Pendaftaran jalur mandiri dengan ujian tulis akan dilaksanakan pada 9 juni hingga 14 juli 2018.

Biaya pendaftaran kelompok SAINTEK dan SOSHUM ialah Rp 200.000 sedangkan kelompok CAMPURAN harus membayar Rp 250.000. Pendaftaran dan ketentuan lain dapat kita lihat di laman ini, girls.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

UNS hanya menyediakan satu jenis jalur mandiri, girls. Sayangnya, jalur mandiri tersebut diseleksi tanpa tes dan menggunakan hasil SBMPTN.

Pendaftaran jalur mandiri UNS akan dilaksanakan pada 26 Juni hingga 7 Juli 2018. Perlu diketahui bahwa UNS memberikan subsidi/beasiswa bagi siswa berprestasi. Informasi lebih lanjut dapat diakses di spmb.uns.ac.id.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Jalur mandiri Univeristas Airlangga tidak menyelenggarakan tes seleksi. Sama seperti UNS, selekasi didasarkan dari nilai/skor yang diperoleh dari nilai SBMPTN 2018.

Pendaftaran akan dibuka pada 4 hingga 11 Juli 2018. Informasi daya tampung, biaya pendidikan, dan pendaftaran langsung dapat diakses di sini.

(Baca juga: 5 Fakta Penting Tentang Pernikahan Anak di Indonesia & Dampaknya)

Reporter : Kinanti Nuke Mahardini
Editor : Kinanti Nuke Mahardini

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×