Grid Networks | Kamis, 18 Januari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Gunung Agung di Bali Meletus. Berikut 4 Fakta yang Harus Kita Ketahui!

  • Selasa, 21 November 2017 20:24 WIB

foto: kompas.com

Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, meletus pada Selasa 21 November 2017.

Dilansir dari kompas.com, letusan Gunung Agung menghasilkan asap yang membumbung setinggi 600 meter. Berikut fakta tentang letusan Gunung Agung yang harus kita ketahui:

Letusan terjadi pukul 5 WITA

undefined
foto: kompas.com

Letusan Gunung Agung terjadi pada pukul 17.05 WITA yang ditandai dengan asap kelabu dan abu vulkanik tipis yang membumbung dari puncak kawah.

Kepala Sub dan Unit Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Wilayah Timur, Devi Kamil menjelaskan bahwa asap tersebut memang asap letusan.

Terjadi Gempa Kecil

Dari pengamatan pos pantau, dari pukul 12.00 hingga 18.00 asap abu selalu muncul dengan ketinggian 500 hingga 600 meter.

Asap dan abu tersebut bertiup dari arah timur ke tenggara. Bukan hanya itu, tercatat setidaknya terjadi satu kali gempa tremor nonharmonik dan dua kali gempa vulkanik.

Status Siaga

Status Gunung Agung kini berada di level III atau Siaga. Warga dihimbau tetap tenang, namun dilaran beraktivitas pada radius bahaya 6 hingga 7,5 km.

Dilansir dari kompas.com, letusan masih terus berlangsung hingga kini.

Gunung Aktif

undefined
foto: tribunnews.com

Dari 127 gunung berapi yang ada di Indonesia memang Gunung Agung dan Gunung Sinabung memiliki status Awas atau paling berbahaya dengan kata lain bisa erupsi besar sewaktu-waktu. 

Reporter : Kinanti Nuke Mahardini
Editor : Kinanti Nuke Mahardini

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×